Pengembangan Media Eksplorasi Karir Melalui Bimbingan Klasikal Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas

Authors

  • Tiara Nur Faujiah Sujana Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia
  • Akhmad Fajar Prasetya Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia
  • I Made Sonny Gunawan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika, Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/vis.v11i1.7305

Abstract

Informasi karir saat ini sangat dibutuhkan oleh siswa untuk menunjang karirnya dikemudian hari. Banyak permasalahan yang ditimbulkan akibat kurangnya siswa memperoleh informasi karir. Selain itu permasalahan yang dihadapi oleh guru bimbingan dan konseling di sekolah adalah masih minimnya alat media yang dapat menunjang  pelayanan bimbingan dan konseling yang dilakukan terutama terkait dengan layanan klasikal. Adapun solusi yang ditawarkan untuk meminimalisisr masalah tersebut adalah dengan mengembangkan media eksplorasi karir melalui media bimbingan klasikal. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development dengan mengadopsi model Borg and Gall. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan memenuhi aspek keberterimaan berdasarkan uji ahli dan termasuk dalam kategori sangat baik sehingga media eksplorasi karir ini layak untuk digunakan oleh guru bimbingan dan konseling dalam pelaksanaan layanan klasikal.

Kata kunci: Pengembangan media, eksplorasi karir, bimbingan klasikal

References

Aini, N., & Agustia, E. (2021). Pengembangan Media Permainan Uno Stacko Dalam Bimbingan Karir Tentang Pemahaman Eksplorasi Karir. 5(2), 141–156.

Anwar, M. K. (2017). Model Eksplorasi Karir Sebagai Upaya Persiapan Karir Siswa Dalam Menghadapi Asean Global. Jurnal Konseling Gusjigang, 3(1).

Hediyati, D. (2019). Dengan Kematangan Karir Siswa Kelas Xi Di Sma Negeri. 3(2), 65–70.

Kisna. (2021). Pengguna Metode Rapid Application Development Daam Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan. Jurnal Informatika, 4 No. 2(2), 249.

Opeyemi, A. A., O, A. I., Shefiu, G. O., Blessing, A. O., & Josiah, O. (2015). A Web Based Career Guidance Information System for Pre-Tertiary Institution Students in Nigeria. 1(10).

Rahyuningsih. (2021). Pengembangan panduan eksplorasi karier di era industri 4.0 siswa SMK Negeri 2 Malang. Arah Kurikulum Program Studi Bimbingan Dan Konseling Indonesia Di Era Merdeka Belajar, 5, 1–8.

Rochmatin, E., & Christiana, E. (2021). Pengembangan Ensiklopedia Pekerjaan Untuk Layanan Informasi Karir Siswa SMK Di Kabupaten Ngawi The Developmental of Encyclopedia Jobs for Information Career Service to Vocational High School ’ s Students at Ngawi Regency. 37, 1–7.

Sisca, & Gunawan, W. (2015). Gambaran Adaptabilitas Karier Remaja. Jurnal Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau, 11 Desember, 111–119.

Yusuf, S., & Budiamin, A. (2016). Program Layanan Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Self-Control Siswa. 5(1).

Downloads

Published

2023-04-09

How to Cite

Sujana, T. N. F., Prasetya, A. F., & Gunawan, I. M. S. (2023). Pengembangan Media Eksplorasi Karir Melalui Bimbingan Klasikal Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 11(1), 54–60. https://doi.org/10.33394/vis.v11i1.7305

Issue

Section

Articles

Citation Check