PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PERILAKU AGRESIF PADA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.33394/vis.v1i1.731Abstract
Bimbingan kelompok di sekolah merupakan salah satu jenis layanan yang dapat
mengurangi perilaku agresif siswa. Melalui kegiatan bimbingan kelompok siswa akan
mendapatkan berbagai informasi melalui suatu dinamika kelompok, yang secara langsung
memberikan pengalaman di dalam dirinya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :
Apakah Ada Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Agresif Pada Siswa
Kelas XI IPS SMAN 7 Mataram Tahun Pelajaran 2015/2016. Sehingga tujuan yang diperoleh
dalam penelitian ini adalah : ingin mengetahui Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok
Terhadap Perilaku Agresif Pada Siswa Kelas XI IPS SMAN 7 Mataram Tahun Pelajaran
2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one
group pre-test post-test. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
berupa angket sebagai metode pokok sedangkan, wawancara, dokumentasi dan observasi
sebagai metode pelengkap. Analisis data menggunakan rumus t-test. Bedasarkan hasil analisis
data dengan taraf signifikan 5% maka diperoleh hasil penelitian yaitu nilai t-hitung lebih besar
dari nilai t-tabel (t-hitung 5,360 > t-tabel 2,045) kenyataan ini menunjukkan bahwa nilai thitung
yang diperoleh adalah signifikan, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif
(Ha) yang berbunyi: Ada pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap perilaku agresif
pada siswa kelas XI IPS di SMAN 7 Mataram Tahun Pelajaran 2015/2016 diterima.
Berdasarkan analisis data yang disimpulkan diatas, dilihat dari pengujian hipotesis, maka Ada
Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Agresif Pada Siswa Kelas XI
IPS SMAN 7 Mataram Tahun Pelajaran 2015/2016.
Kata kunci : Layanan Bimbingan Kelompok, Perilaku Agresif
References
Dayakisni, Tri & Hudaniah. 2012. Psikologi
Sosial. Malang: UMM Press.
Hartinah, Siti. 2009. Konsep Dasar
Bimbingan Kelompok. Bandung: PT
Refika Aditama.
Mahmudah, Siti. 2012. Psikologi Sosial:
Teori dan Model Penelitian. Malang:
UIN-MALIKI PRESS.
Nurihsan, 2010. Bimbingan dan Konseling
Dalam Berbagai Latar Kehidupan.
Bandung: PT Refika Aditama
Nurihsan. dkk, 2012. Strategi Layanan
Bimbingan dan Konseling. Bandung:
Refika Aditama.
Prayitno, 1992. Layanan Bimbingan dan
Konseling Kelompok (Dasar dan
Profil), Jakarta : Ghalia Indonesia.
Prayitno. 2012. Jenis Layanan dan Kegiatan
Pendukung Konseling. Padang:
Universitas Negeri Padang.
Rahman, Agus Abdul. 2013. Psikologi
Sosial: Integrasi Pengetahuan Wahyu
dan Pengetahuan Empirik. Jakarta:
PT. RajaGrafindo Persada.
Sukardi, Dewa Ketut. 2008. Pengantar
Pelaksanaan Program Bimbingan dan
Konseling Disekolah. Jakarta: PT
Rineka Cipta.
Sugiyono. 2013: Metode Penelitian
Pendidikan (Pendekatan
Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D).
Bandung: Alfabeta.
Tohirin, 2007. Bimbingan Dan Konseling Di
Sekolah Dan Madrasah (Berbasis
Integrasi). Jakarta: PT Raja Grafindo
Persada.
UU RI No. 20, 2003, System Pendidikan
Nasional, Jakarta : Depdiknas.
Yulianto, Herman. 2015. Mau Sehat ?
Hilangkan Sikap Burukmu!. Yogyakarta:
Saufa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â