STRATEGI IMPLEMENTASI ADMINISTRATOR DALAM SCHOOL BUDGETING MANAGEMENT
DOI:
https://doi.org/10.33394/vis.v11i1.7455Abstract
Abstract: The activity of allocating funds in the implementation of educational operations is a very complex activity, therefore it requires planned management by competent people. The purpose of this research is to understand and know about the implementation of administration in financial management and school financing. The method used in this research is descriptive qualitative by conducting interviews with the source directly in depth. The results of the research obtained are the problems that often occur in education financing, including limited sources of funds, uneven education funds received from the government, lack of transparency in education financing in schools, and financing that is not managed properly which can be caused by less competent fund managers in schools. The importance of this research lies in the implementation of administrative administration in the financial field of education financing that must be considered by school principals to improve the quality of school administration.
Keywords: Administrative Implementation, School Budgeting Management
Abstrak: Kegiatan mengalokasikan dana pada pelaksanaan operasional pendidikan merupakan kegiatan yang sangat kompleks, oleh karena itu dibutuhkan pengelolaan yang terencana oleh orang-orang yang berkompeten. Tujuan dari penelitian ini adalah memahami dan mengetahui tentang implementasi administrasi dalam manajemen keuangan dan pembiayaan sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualittif deskriptif dengan melakukan interview pada sumbernya langsung secara mendalam. Adapun hasil penelitian yang didapat adalah adanya masalah yang sering terjadi dalam pembiayaan pendidikan antara lain sumber dana yang terbatas, tidak meratanya dana pendidikan yang diterima dari pemerintah, kurang transparannya pembiayaan pendidikan di sekolah-sekolah, serta pembiayaan yang tidak dikelola dengan baik yang bisa disebabkan karena kurang kompetennya pengelola dana di sekolah. Pentingnya penelitian ini terletak pada implementasi administrasi tata usaha dalam bidang keuangan pembiayaan pendidikan yang harus diperhatikan oleh kepala sekolah untuk meningkatkan mutu tata usaha sekolah.
Kata Kunci: Implementasi Admnistrasi, School Budgeting Management
References
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif (Dilengkapi contoh proposal
dan laporan penelitian). Bandung: CV. Alfabeta.
Suhardan, H. Dadang, Ridwan, dan Enas. (2012). Ekonomi dan Pembiayaan Pen-
didikan. Bandung: Alfabeta.
Arsanti,milen.2021.“Meski 20 Persen APBN, Belum Cukup Biayai Pendidikan Di Indonesiaâ€https://siedoo.com/berita-35277-meski-20-persen-apbn-belum-cukup-biayai-pendidikan- di-indonesia/.Diakses tanggal 08 Maret 2022,Pukul 19:14 Wita
Asmendri. (2012). Teori dan Aplikasi Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah dan Madrasah. Batusangkar: STAIN Batusangkar.
Burhanuddin, Y. (2005). Administrasi Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Fattah, Nanang. (2004). Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Imam Machali& Ara Hidayat.(2016).The Handbook Of Education Management Teori Dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta:Prenadamedia Group
Inseight Talenta. Pengertian dan fungsi manajemen. https://www.talenta.co/blog/insight- talenta/pengertian-manajemen/.Diakses tanggal 25 Februari 2022, pukul 16:42 Wita
J.Moleong, Lexy.2014. Metode Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.
Karno,E. 2016. PemerintahResponsif Pendidikan. ShaututTrabiyah. Vol.18-38
Matin. (2014). Manajemen Pembiayaan Pendidikan: Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pers.
Minarti, Sri, 2011. Manajemen Sekolah:Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri. Yogyakarta: Ar-Ruza Media
Mustfah, jejen.(2015). Manajemen Pendidikan Teori, Kebijakan, dan Praktik. Jakarta: Prenamedia Group
Putera, nusa.(2012). Penelitian Kualitatif & Aplikasinya. Jakarta: PT Indeks.
Saifudin, ahmad. (2017). “Analisis Manajemen Pembiayaan Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Menurut Perspektif Islam (Studi Pada Sekolah Menengah Pertama Global Madani Bnadar Lampung)â€. Skripsi.Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
http://repository.radenintan.ac.id/1869/1/SKRIPSI_MUHAMMAD.pdf.Diakses tanggal 22 Februari 2022, Pukul 18:24 Wita
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan(Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan. Yogyakarta:Alfabeta.
Suhardan,Dadang, dkk.(2014). Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan. Bandung:Alfabeta.
Suparlan.2013. Manajemen Berbasis Sekolah (MBS): Dari Teori Sampai Praktik. Jakarta: Bumi Askara.
Tinggogoy, Deiby Cristiana. 2019. AnanlisIS Dampak Implementasi Kebijakan Penyaluran Dana Bos. Jurnal Sosial dan Humanaira. Vol.68-67
Usman,husaini.(2006). Manajemen Teori,Praktik, dan Riset. Jakarta:PT Bumi Askara
W. Gulo. 2003. Metodelogi Penelitian. Jakarta: PT. Grasindo
Yuliani, hanifah.(2016).Pembiayaan Pendidikan Di Sekolah Dasar Negeri NgrojoNanggulan Kulon Progo. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â