PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI DEBAT MELALUI PEER TEACHING (TUTOR SEBAYA) PADA SISWA KELAS X-2 SMAN 3 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.33394/vis.v11i1.7509Abstract
Abstrak
Â
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk menguraikan upaya dan hasil pembelajaran Debat melalui peer teaching (tutor sebaya) pada siswa kelas X-2 SMAN 3 Mataram tahun pelajaran 2022/2023. Pengumpulan data dilakukan dengan metode pengamatan, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif pada proses dan hasil pembelajaran. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus yang masing-masing terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses pembelajaran menggunakan peer teaching (tutor sebaya) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas X-2 SMAN 3 Mataram tahun pelajaran 2022/2023. Hal tersebut terlihat dari persentase aktivitas belajar siswa sebesar 66,67% pada siklus I dengan kategori cukup aktif, meningkat menjadi 88,89% pada siklus II dengan kategori sangat aktif. (2) Pembelajaran dengan peer teaching (tutor sebaya) juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-2 SMAN 3 Mataram tahun pelajaran 2022/2023 pada materi Debat. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata hasil belajar siswa yaitu 67,5 pada prasiklus menjadi 78,97 pada siklus I dan 82,47 pada siklus II. Persentase ketuntasan kelasikal meningkat dari 47% pada prasiklus menjadi 72,22% pada siklus I dan 88,89 pada siklus II.
Â
Kata kunci : peer teaching, aktivitas, prestasi belajar, pembelajaran
References
Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Benny, A. 2019. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah Syaiful Bachri, dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Lubis, Joharis. 2010. Seminar. Bandung: Citapusta Media Perintis.
Mulyasa. 2009. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Rosdakarya.
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rinekacipta.
Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Rosdakarya.
Suherman & Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suherwin, Muhammad Zein Iqbal dan Herly Dayanti. 2020. Pembelajaran Debat. Jakarta: Guapenda.
Taniredja, Tukiran, Efi Miftah Faridli, Sri Harmianto. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.
Winataputra, Udin S. 1999. Pendekatan Pembelajaran Kelas Rangkap. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Yamin, Martimis. 2007. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â