PELAYANAN ADMINISTRASI DI KANTOR UPTD DUKCAPIL KECAMATAN TALANG KELAPA KABUPATEN BANYUASIN

Authors

  • Leny Marlina Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Neni Teri Anti Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Ibrahim Ibrahim Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/vis.v11i2.8770

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari informan kunci (kepala kantor UPTD Dukcapil) dan informan pendukung (pegawai kantor dan masyarakat). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa teknik, meliputi teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan dua teknik triangulasi dalam proses pengujian keabsahan datanya, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis secara kualitatif menggunakan model analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam memberikan pelayanan administrasi, pegawai di kantor UPTD Dukcapil Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin telah memberikan pelayanan administrasi dengan efisien, optimal, baik dan tertib. Keterampilan dan pengetahuan para petugas dalam menyelesaikan pekerjaan sudah baik. Selain itu, kemudahan akses informasi bagi masyarakat dalam menerima pelayanan administrasi sangat amat bagus, mulai dari pemberian informasi langsung yang dilakukan oleh para pegawai, hingga terciptanya berbagai inovasi.

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: CV Syakir Media press.

Arikunto, S. (2014). Administrasi Publik. Jakarta: Rineka Cipta.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). . SAGE Publications.

Crystalia, O. G. (2015). Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Ferdinand, A. (2018). Peran Kesadaran Organisasional, Disiplin Kerja, dan Pengalaman Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Badan Pertanahan Nasional Kota Makassar. Jurnal Aplikasi Manajemen, 16(4), 670-676.

Fitria, R., & Setyaningsih, R. (2020). Evaluasi Pelayanan Publik Berdasarkan Ketersediaan Fasilitas pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Malang. Jurnal Administrasi Publik (JAP), 2(1), 70-77.

Handayani, I. P. (2020). Kajian Hukum Mengenai Pemanfaatan Sumber Daya Alam Dalam Perspektif Kebijakan Pembangunan Berkelanjutan. Jurnal Hukum Ekonomi Maritim, 1(2), 105-118.

Hardiansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Hasbi, M. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi terhadap Kepuasan Peserta Didik di MTs Negeri 1 Model Palembang. Managerial: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 91.

Ibrahim, H. D. (2021). Peran Tata Usaha Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi di MTs Nurul Fajri Desa Tambangan Kelekar. SAFARI: Jurnal Pengabdiian Masyarakat Indonesia, 07.

Maulidia, S. (2014). Pelayanan Publik, Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN. Bandung: Indra Prahasta.

Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurmayani, E., & Fajriati, D. (2021). Evaluasi Pelayanan Publik Berbasis E- Government pada Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Provinsi Jambi. Jurnal Administrasi Publik dan Birokrasi, 2(1), 1-9.

Prasetyo, R. (2013). Pelayanan Publik di Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati (Studi Tentang Pelaksanaan UU No. 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik). Jurnal Administrative Reform, 3(25), 1-122.

Purba, S. (2021). Administrasi Supervisi pendidikan. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.

Ramos, J. (2017). Competencies for Public Administration: An Analytical Framework for Competence-based Curricular Reforms in Public Administration Programs. Journal of Public Affairs Education, 23(4), 555-571.

Sayuti, N. M., & Hubeis, A. V. (2018). Evaluasi Kualitas Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Gorontalo. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 8(2), 149-160.

Setiawan, I. (2018). Analisis Kompetensi Pegawai pada Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat Kota Semarang. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 16(2), 141-154.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Utami, D. S., & Angraini, N. W. (2019). Analisis Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai dan Pelayanan Publik di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Denpasar. . E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 1226-1252.

Yusuf, A. (2019). Peran Pemerintah Daerah Dalam Peningkatan Pelayanan Publik di Era Industri 4.0. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pelayanan Publik, 99-112.

Zachra Soniya Hardiyani, U. P. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonosobo Tahun 2017. Jurnal Skripsi, 14-17.

Downloads

Published

2023-10-10

How to Cite

Marlina, L., Anti, N. T., & Ibrahim, I. (2023). PELAYANAN ADMINISTRASI DI KANTOR UPTD DUKCAPIL KECAMATAN TALANG KELAPA KABUPATEN BANYUASIN. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 11(2), 74–84. https://doi.org/10.33394/vis.v11i2.8770

Issue

Section

Articles

Citation Check