ANALISIS PENGARUH DISKON, PROMOSI, DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PENGGUNA APLIKASI SHOPEE PADA MAHASISWA UNIVERSITAS PENDIDIKAN MANDALIKA PRODI MANAJEMEN ANGKATAN 2021
DOI:
https://doi.org/10.33394/vis.v11i2.8942Abstract
Abstract: This research was conducted to find out how much influence Discounts, Promotionsand Consumer Trust haveon Purchase Decisions for Shopee Application Usersin the Mandalika University Of Education student circle. This study uses multiple linear regression analysis method to verify the effect of Discounts, Promotions and Consumer Confidence thataffect the decisions of Mandalika University Of Education students in purchasing products onthe Shopee application. The data used are primary data obtained from the distribution of questionnaires with 60 respondents. The results of this study indicate that there is a significant positive effect of discounts on purchasing decisions for Mandalika University OfEducation students who use the Shopee application. There is a significant positive effect ofpromotion on purchasing decisions for Mandalika University Of Education students who use the Shopee application. There is a significant positive effect of Consumer Trust on purchasing decisions for Mandalika University Of Education students who use the Shopeeapplication. There is a simultaneous significant positive effect of discounts, promotions and consumer confidence on purchasing decisions for Mandalika University Of Educationn students who usethe Shopee application
Keywords: Discount, Promotion, Consumer Confidence, e-commerce
References
Abdurrahman, Adi (2012), Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Melalui Social Networking Websites, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma
Amelia,Nica Ayu Rusita (2020). Analisis pengaruh diskon,promosidankepercayaankonsumen terhadap keputusan pembelian pada pengguna aplikasi shopee (study pada mahasiswa stie malang) under graduate thesis, stie malangkucecwara.
Ari Setiyaningrum, dkk, “Prinsip-prinsip Pemasaranâ€, (Yogyakarta: Andi Offset,2015), 223
Ardiansyah dan Nurdin Hery (2020) “Pengaruh Diskon Dan Kepercayaan Konsumen Pembelian Produk Pada Online Shop Shopee (study kasus pada mahasiswa STIE Bima).
Ardyanto Denny, Pengaruh Kemudahan dan Kepercayaan Menggunakan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online, Jurnal administrasi Bisnis, Universitas Brawijaya: Malang
Baskara, Isnain P., dan Guruh Taufan H. 2014. Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, KualitasPelayanan dan Persepsi akan ResikoTerhadap Keputusan Pembelian Melalui Situs Jejaring Sosial pada Mahasiswa di Kota Semarang. Semarang: Universitas Dian Nuswantoro
Damayanti, Christian.2010. “Pemgaruh Strategi Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Yang TidakDirencanakan (ImpluseBuying)OlehPembeli(StudiDiMatahariDepartemenStoreTunjunganPlazaSurabaya). Surabaya: FEUnesa
Fitrio Tomy, “Analisis Faktor-faktor yang MempengaruhiKeputusan Konsumen Memilih MinimarketSebagai Tempat Berbelanjapada Minimarket di Kota Rengat,†Jurnal Manajemen danBisnis,
Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan PenerbitUNDIP.
Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8),CetakankeVIII, Semarang:Badan Penerbit UniversitasDiponegoro
Hafid U, Kuwat R (2019). Jurnal ilmiah manajemen pemasaran. Universitas pelita bangsaKotler,PhilipdanKeller.L2012.ManajemenPemasaran.EdisiKetigabelas.Erlangga,Jakarta
LenggangKurniaIntanDevi.2019â€PengaruhKualitasProduk,harga,danPromosiTerhadapKeputusan Pembelian Pada Marketplace Shopeeâ€,(Skripsi sarjana yang dipublikasikanUINSASurabaya,).
FirmansyahAnang M, “Perilaku Konsumen Sikap danPemasaranâ€, (Yogyakarta: CV Budi Utama,2012), 10
Maharani,Astri Dhiah. 2010. “Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan TerhadapLoyalitasNasabahTabungan BankMegaSemarang.Semarang:UniversitasDiponegoro.
MisbahuddindanHasan I.(2013).AnalisisDataPenelitianDenganStatistik.Jakarta:BumiAksara.
Muchlisinkurniantymayani(2021).“PengaruhKualitasProduk,HargadanPromosiTerhadapKeputusan Pembelian Di Marketplace Shopee (Study Kasus Pada Mahasiswa Ekonomidan Bisnis UMSU. Skripsi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Bisnis MuhammadiyahSumateraUtara.
Prasetya, Candra Hakim A., Srikandi K., dan Edy, Y. 2014. Pengaruh Citra Merek,Kualitas ProdukTerhadap Kepercayaan Serta Keputusan Pembelian. JurnalAdministrasi Bisnis (JAB),Vol.15 No.2 Oktober2014
Schiffman,Leondan Kanuk, LeslieL(2014).PerilakuKonsumen.Jakarta: Indeks
Setiawan Yuni, (2019) “pengaruh kepercayaan dan kemudahan terhadapkeputusan pembelian secaraonlinepadasitusjual belishopeeâ€, (SkripsisarjanayangIAIN Surakarta)
Silvia Sari Sitompul, dan Mastono. 2017. “Analisis Pengaruh Promosi, Harga Dan KepercayaanTerhadapKeputusanPembelianOnlineDiLazadaPadaMahasiswaSTIEPelitaIndonesiaâ€.SkripsiSekolah TinggiIlmu EkonomiPelitaIndonesia.
Sugiyono.(2012).MetodePenelitianPendidikanPendekatanKualitatifKuantitatifDanR&D.Bandung:Alfabeta.
(2013).MetodePenelitianKualitatifKuantitatifDanR&D. Bandung: Alfabeta.
(2014).MetodePenelitianKualitatifKuantitatifDanR&D. Bandung: Alfabeta.
(2017).MetodePenelitianKualitatif KuantitatifDanR&D.Bandung:Alfabeta,CV.
(2018). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta, CV.Tjiptono,Fandy.(2011).StrategiPemasaran. Edisi 3.Yogyakarta: ANDI
Wardoyo dan Andini L (2017), “Faktor-faktor yang BerpengaruhTerhadap Keputusan PembelianSecaraOnlinepadaMahasiswaUniversitasGunadarma,â€JurnalEkonomiManajemenSumberDaya
varaibel promosi (X2). Bahwa promosi sebuah produk dalam toko yang ada pada aplikasiShopee dapat lebih menentukan tingkat keputusan pembelian konsumen pada penggunaaplikasi Shopee dikarenakan promosi yang baik dapat memuaskan konsumen atas produkyangdibelipadapenggunaapikasiShopee.Penelitianinididukungolehpenelitiansebelumnya yang dilakukan oleh Dinda Fauziah Zani (2021). Hasil analisis menunjukkanbahwa pengaruh Promosi (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) berpengaruh secaradominan.
Daripaparandiatasdapatdisimpulkanbahwavariabelyangpalingberpengaruhdominan dalam tingkat keputusan pembelian pada pengguna aplikasi Shopee yaitu varibelpromosi (X2). Hal ini sesuai dengan hipotesis penelitian H3: Diduga Promosi, memilikipengaruhpalingdominanterhadap keputusan pembelian.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â