PERAN ORANG TUA DALAM PERKEMBANGAN PSIKOLOGI ANAK

Authors

  • Mardiah Astuti Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Mutyati Mutyati Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Putri Handayani Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Rika Rahmawati Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia, Indonesia
  • Nor`aini Nor`aini Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia, Indonesia
  • Dinda Puspita Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/vis.v11i2.9186

Abstract

Artikel ini membahas tentang peran orang tua dalam perkembangan psikologi anak di SDN 25 Palembang, yang difokuskan pada siswa kelas VI. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif, metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Sedangkan teknik pemeriksaan data yakni dengan triangulasi, yang terdiri dari triangulasi waktu, sumber dan metode. Berdasarkan hasil dan pembahasan bahwa Semua orang tua memiliki pengaruh signifikan terhadap perkembangan psikologi anak mereka, dan peran yang mereka mainkan dapat membentuk kepribadian, kesejahteraan emosional, serta kemampuan sosial anak-anak. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk mengambil tanggung jawab ini dengan serius dan menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan positif anak-anak mereka. Secara keseluruhan, pemahaman orang tua dalam proses belajar anak dapat memiliki dampak besar pada prestasi akademis, perkembangan keterampilan, dan kesejahteraan baik di lingkungan pendidikan maupun emosional anak-anak mereka. Karena itu, kolaborasi yang efektif dan komunikasi yang terbuka antara orang tua dan sekolah menjadi sangat penting untuk mendukung kemajuan anak-anak.

References

Anggraini, T., Wulandari, A., Bella, H. S., Anggraini, T. W., & Fetriasih, R. (2023). Dampak lingkungan sosial terhadap perkembangan psikologi anak. Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(4), 216-225.

Dina Kartika, Myrnawati Handayani, and Zarina Akbar. "Pengaruh media pembelajaran dan motivasi diri terhadap keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4.2 (2020): 649-657.

Fabiani, R. R. M., & Krisnani, H. (2020). Pentingnya peran orang tua dalam membangun kepercayaan diri seorang anak dari usia dini. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 40.

Gainau, M. B. (2021). Psikologi anak. PT Kanisius.

Hasanah, U. (2020). Pengaruh perceraian orangtua bagi psikologis anak. Agenda: Jurnal Analisis Gender dan Agama, 2(1), 18-24.

Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak usia dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 214-224.

Irmayanti, N., Pranajaya, S. A., Lodo, R. Y., Haluti, F., Hariyani, F., Ningsih, D. R., ... & Uce, L. (2023). Psikologi Anak. Global Eksekutif Teknologi.

Khotimah, D. N. (2019). Implementasi program penguatan pendidikan karakter (PPK) melalui kegiatan 5s di sekolah dasar. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1).

Kulsum, U. (2021). Peran psikologi pendidikan bagi pembelajaran. Jurnal Mubtadiin, 7(01), 100-121.

Kulsum, Umi. "Psikologi Belajar Pada Pendidikan Anak Usia Dini." Jurnal An-Nur: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan dan Keislaman 7.02 (2021): 184-198.

Kurniawati, A. I. (2021). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Pada Kegiatan Belajar di Rumah di TK X. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 69-74.

Latifah, A. (2020). Peran lingkungan dan pola asuh orang tua terhadap pembentukan karakter anak usia dini. JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(2), 101-112.

Lenggu, N. (2023). Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Spiritual Anak. Jurnal Pendidikan Agama dan Teologi, 1(1), 153-164.

Moloeng, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif Remaja Rosdakarya.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.

PUCHEâ€NAVARRO, REBECA. “Lelucon grafis dan pikiran anak-anak: Cara yang tidak biasa untuk mendekati aktivitas representasi anak-anakâ€. Jurnal Psikologi Skandinavia Vol 45. No. 4. hlm. 343-355.

Rahmadi, H., et al. Psikologi pendidikan. LovRinz Publishing, 2023.

Rahmat, P. S. (2021). Psikologi pendidikan. Bumi Aksara.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Syahrizal, I., Sitompul, H. S., Hajar, A., Widodo, H., Damanik, B., Hasriani, G., ... & Nadirah, S. (2022). Psikologi Pendidikan Sekolah Dasar (Sd). Get Press.

WARNI, W. (2018). Peran Orang Tua Terhadap Prestasi Anak Dalam Pendidikan Agama Islam Pada Kelas Iv Di Sd Negeri 4 Krebet Jambon Ponorogo (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).

Wijaya, H. (2018). Analisis data kualitatif model Spradley (etnografi).

Wirabumi, R. (2020, October). Metode Pembelajaran Ceramah. In Annual Conference on Islamic Education and Thought (ACIET) (Vol. 1, No. 1, pp. 105-113).

Downloads

Published

2023-10-10

How to Cite

Astuti, M., Mutyati, M., Handayani, P., Rahmawati, R., Nor`aini, N., & Puspita, D. (2023). PERAN ORANG TUA DALAM PERKEMBANGAN PSIKOLOGI ANAK. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 11(2), 120–127. https://doi.org/10.33394/vis.v11i2.9186

Issue

Section

Articles

Citation Check