PERAN ORANG TUA DALAM PERKEMBANGAN PSIKOLOGI ANAK
DOI:
https://doi.org/10.33394/vis.v11i2.9186Abstract
References
Anggraini, T., Wulandari, A., Bella, H. S., Anggraini, T. W., & Fetriasih, R. (2023). Dampak lingkungan sosial terhadap perkembangan psikologi anak. Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(4), 216-225.
Dina Kartika, Myrnawati Handayani, and Zarina Akbar. "Pengaruh media pembelajaran dan motivasi diri terhadap keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4.2 (2020): 649-657.
Fabiani, R. R. M., & Krisnani, H. (2020). Pentingnya peran orang tua dalam membangun kepercayaan diri seorang anak dari usia dini. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 40.
Gainau, M. B. (2021). Psikologi anak. PT Kanisius.
Hasanah, U. (2020). Pengaruh perceraian orangtua bagi psikologis anak. Agenda: Jurnal Analisis Gender dan Agama, 2(1), 18-24.
Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak usia dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 214-224.
Irmayanti, N., Pranajaya, S. A., Lodo, R. Y., Haluti, F., Hariyani, F., Ningsih, D. R., ... & Uce, L. (2023). Psikologi Anak. Global Eksekutif Teknologi.
Khotimah, D. N. (2019). Implementasi program penguatan pendidikan karakter (PPK) melalui kegiatan 5s di sekolah dasar. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1).
Kulsum, U. (2021). Peran psikologi pendidikan bagi pembelajaran. Jurnal Mubtadiin, 7(01), 100-121.
Kulsum, Umi. "Psikologi Belajar Pada Pendidikan Anak Usia Dini." Jurnal An-Nur: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan dan Keislaman 7.02 (2021): 184-198.
Kurniawati, A. I. (2021). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Pada Kegiatan Belajar di Rumah di TK X. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 69-74.
Latifah, A. (2020). Peran lingkungan dan pola asuh orang tua terhadap pembentukan karakter anak usia dini. JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(2), 101-112.
Lenggu, N. (2023). Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Spiritual Anak. Jurnal Pendidikan Agama dan Teologi, 1(1), 153-164.
Moloeng, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif Remaja Rosdakarya.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.
PUCHEâ€NAVARRO, REBECA. “Lelucon grafis dan pikiran anak-anak: Cara yang tidak biasa untuk mendekati aktivitas representasi anak-anakâ€. Jurnal Psikologi Skandinavia Vol 45. No. 4. hlm. 343-355.
Rahmadi, H., et al. Psikologi pendidikan. LovRinz Publishing, 2023.
Rahmat, P. S. (2021). Psikologi pendidikan. Bumi Aksara.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Syahrizal, I., Sitompul, H. S., Hajar, A., Widodo, H., Damanik, B., Hasriani, G., ... & Nadirah, S. (2022). Psikologi Pendidikan Sekolah Dasar (Sd). Get Press.
WARNI, W. (2018). Peran Orang Tua Terhadap Prestasi Anak Dalam Pendidikan Agama Islam Pada Kelas Iv Di Sd Negeri 4 Krebet Jambon Ponorogo (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).
Wijaya, H. (2018). Analisis data kualitatif model Spradley (etnografi).
Wirabumi, R. (2020, October). Metode Pembelajaran Ceramah. In Annual Conference on Islamic Education and Thought (ACIET) (Vol. 1, No. 1, pp. 105-113).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â