PENGARUH KONSELING TEKNIK ASSERTIVE TERHADAP KECEMASAN SOSIAL SOSIAL PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 JANAPRIA

Authors

  • Yuni Mardiana Undikma, Indonesia
  • Ani Endriani Undikma, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/vis.v11i2.9281

Abstract

Abstract: the purpose to be achieved in this study is to know the effect of assertive counseling techniques on social anxiety in Class XI IPS students in SMAN 1 Janapria. The data collection method used is questionnaire as the main method, observation, interview and documentation as a complementary method by using the design of one group pre-test and post-desigen test. In this study the study population was 80 students and 6 students who had high levels of social anxiety. Sampling techniques used are purposive samples and for data analysis using the T-test formula. Based on the results of data analysis, obtained t-count value of 8.531 with T-table value at the level of signitifikansi 5% with db (N-1) = 5 of 2.571. Thus the value of t-count is greater than the T-table (8.531 > 2.571) so that it can be concluded that there is an effect of assertive counseling techniques on social anxiety in Class XI IPS students in SMAN 1 Janapria, then the results of this study were declared “signitifikanâ€.

Keywords: Assertive counseling techniques, social anxiety.

Abstrak: Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahmui pengaruh konseling teknik assertive terhadap kecemasan sosial pada siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Janapria. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket sebagai metode pokok, observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai metode pelengkap dengan menggunakan rancangan one group pre-test and post-tes desigen. Dalam penelitian ini populasi penelitian berjumlah 80 siswa dan 6 siswa yang memiliki kecemasan sosial tingkat tinggi. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampel dan untuk analisis data menggunakan rumus t-test. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai  t-hitung sebesar 8,531 dengan nilai t-tabel pada taraf signitifikansi 5% dengan db (N-1) = 5 sebesar 2,571. Dengan demikian nilai t-hitung  lebih besar dari pada t-tabel (8,531 > 2,571) sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh konseling teknik assertive terhadap kecemasan sosial pada siswa  kelas XI IPS di SMAN 1 Janapria, maka hasil penelitian ini dinyatakan “signitifikanâ€.

Kata Kunci: Konseling Teknik Assertive, kecemasan sosial.

References

Hartono.& Soedarmadji. (2015). Psikologi Konseling. Bandung :Kencana.

Http://repository.unj.ac.id/2187/6/11.%20BAB%20II.pdf (online). Diakses pada tanggal 15 April 2022.

Iis Juwariah. (2019). “Hubungan Assertivitas Dengan Kecemasan Sosial Pada Remajaâ€. Karya Ilmiah Muhamadiyah Tasikmalaya.

Khidayah, K. 2017. Hubungan konsep diri dengan kecemasan sosial pada siswa kelas 2 SMAN Tumpang. Skripsi.UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Mahmud & Sunarty. (2012) Mengenal Teknik-Teknik Bimbingan dan Konseling Makasar:Universita Negeri Makasar.

Mochamad, N. 2011. Strategi & Intervensi Konseling. Jakarta : Indeks.

Sriyekti & Moelono, F.M. dkk.(2019). Kecemasan Sosial. Bandung :CV Semiotika.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukardi, K.D.2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta : Renika Cipta.

Prayitno & Amti, E. 2004. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta : Renika Cipta

Parfitra, Nugraha. 2018. Modul Strategi Layanan Responsif. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Yusuf. S. (2016). Konseling Individu Konsep Dsar dan Pendekatan. Bandung : PT Refika Aditama.

Downloads

Published

2023-10-10

How to Cite

Mardiana, Y., & Endriani, A. (2023). PENGARUH KONSELING TEKNIK ASSERTIVE TERHADAP KECEMASAN SOSIAL SOSIAL PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 JANAPRIA. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 11(2), 150–157. https://doi.org/10.33394/vis.v11i2.9281

Issue

Section

Articles

Citation Check