Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik SMA Melalui Tes Diagnostik Four-Tier pada Hukum Newton
DOI:
https://doi.org/10.33394/j-lkf.v12i2.13688Keywords:
Miskonsepsi, Tes diagnostik, Four-Tier, Hukum NewtonAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan tes diagnostik Four-Tier, 2) mengidentifikasi tingkat miskonsepsi peserta didik, dan 3) menjelaskan faktor-faktor penyebab miskonsepsi pada hukum hukum Newton. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model Tessmer, dengan terlebih dahulu memvalidasi tes diagnostik Four-Tier tersebut kepada expert review (dosen dan guru ) fisika. Selanjutnya dilakukan uji coba skala kecil pada peserta didik kelas 10 fase-E SMA Batara School Medan sebanyak 13 orang. Setelah dilakukan revisi terhadap hasil uji coba tersebut, selanjutnya dilaksanakan ujicoba skala besar pada peserta didik kelas X fase-E SMA Nasrani 1 Medan sebanyak 23 orang yang tersebar secara heterogen dan penarikan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Hasil tes diagnostik peserta didik dikelompokkan pada 3 kategori, yaitu paham konsep, miskonsepsi, dan tidak paham konsep. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata miskonsepsi peserta didik yang diperoleh sebesar 61,10%. Miskonsepsi paling tinggi terdapat pada konsep gaya berat yakni sebesar 86,36% di mana peserta didik sulit membedakan kosep massa dengan berat. Rata-rata miskonsepsi dalam memahami konsep hukum-hukum Newton dan penerapannya masing-masing 62,98% dan 52,35% tergolong cukup tinggi. Disimpulkan bahwa dengan menggunakan tes diagnostik Four-Tier dapat digunakan untuk mengukur tingkat miskonsepsi peserta didik lebih akurat.
Â
References
Aiken, L. R. (1980). Content validity and reliability of single items or questionnaires. Educational and Psychological Measurement, 40(4), 955–959. https://doi.org/10.1177/001316448004000419
Arikunto, S. (2018). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Ketiga). Jakarta: Bumi Aksara.
Assem, H. D., Nartey, L., Appiah, E., & Aidoo, J. K. (2023). A Review of Students’ Academic Performance in Physics: Attitude, Instructional Methods, Misconceptions and Teachers Qualification. European Journal of Education and Pedagogy, 4(1), 84–92. https://doi.org/10.24018/ejedu.2023.4.1.551
Azwar, S. (2018). Reliabilitas dan Validitas (4th ed.). Jakarta: Pustaka Pelajar.
Dahlan, A. (2015). Kriteria dan Syarat Instrumen Tes yang Baik. Eureka Pendidikan, 4(c), 5–7. https://eurekapendidikan.com/kriteria-dan-syarat-instrumen-tes
Dwiputra, D. F. K., Azzahra, W., & Heryanto, F. N. (2023). A Systematic Literature Review on Enhancing the Success of Independent Curriculum through Brain-Based Learning Innovation Implementation. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 5(3), 262–276. https://doi.org/10.23917/ijolae.v5i3.22318
Erlangga, S. Y., Susanti, S. & Amalia, A. F. (2022). Pengembangan E-Modul Fisika Materi Gelombang dan Bunyi berbasis Local Wisdom Alat Musik Gamelan pada Mata kuliah Fisika Dasar. Compton: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 9(1), 90–98. https://doi.org/10.30738/cjipf.v9i1.14154
Fakhruddin, F., Azizahwati, A. & Rahmi, Y. (2012). Analisis Penyebab Miskonsepsi Siswa pada Pelajaran Fisika di Kelas XII SMA/MA Kota Duri. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 87–98.
Fariyani, Q., Rusilowati. A, & Sugianto, S. (2015). Pengembangan Four-Tier Diagnostic Test untuk Mengungkap Miskonsepsi Fisika Siswa SMA Kelas X. Journal of Innovative Science Education, 4(2), 66–75.
Hasan, S., Bagayoko, D., & Kelley, E. L. (2014). Misconceptions and the Certainty of Response Index ( CRI ). September 1999. https://doi.org/10.1088/0031-9120/34/5/304
Hasanuddin, M. I. (2020). Pengetahuan Awal (Prior Knowledge) : Konsep dan Implikasi dalam Pembelajaran. EDISI: Jurnal Edukasi dan Sains, 2(2), 217–232. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Ikbal, M. S., . M., Ali, M., & Setianingsih, E. (2020). Hubungan Penalaran Formal dengan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Kelas VIII MTSN Model Makassar. Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, 3(2), 38–45. https://doi.org/10.46918/karst.v3i2.729
Juita, Z., Sundari, P. D., Sari, S. Y., & Rahim, F. R. (2023). Identification of Physics Misconceptions Using Five-tier Diagnostic Test: Newton’s Law of Gravitation Context. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(8), 5954–5963. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i8.3147
Kemdikbudristek. (2022). Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Jakarta: Kemdikbudristek.
Marinda, L. (2020). Kognitif dan Problematika. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan dan Keislaman, 13(1), 116–152.
Mukramah, W. A. N., Halim, A., Winarni, S., Yusrizal, Safrida, Jannah, M., & Wahyuni, A. (2023). Effect of Using Comic-based E-Module Assisted by the Flipbook Maker for Remediation of Newton’s Law Misconceptions. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(8), 6384–6392. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i8.4389
Muljono, P. (2019). Penyusunan dan Pengembangan Instrumen Penelitian. Lokakarya Peningkatan Suasana Akademik Jurusan Ekonomi, 1–27.
Musdalifah, R. (2019). Pemrosesan dan Penyimpanan Informasi pada Otak Anak dalam Belajar: Short Term and Long Term Memory. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 17(2), 217–235.
Hidayah, N. W. (2020). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Karanganyar Pada Materi Hukum Newton Dengan Menggunakan Three-Tier Test. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47862/
Plomp, T., & Nieveen, N. (2013). Educational Design Research Educational Design Research. Netherlands Institute for Curriculum Development: SLO, 1–206. http://www.eric.ed.gov/ERICWebPortal/recordDetail?accno=EJ815766
Rusilowati, A. (2015). Pengembangan Tes Diagnostik Sebagai Alat Evaluasi Kesulitan Belajar Fisika. Prosiding Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika, 6(1), 1–10.
Sakdiah, H., Ginting, W. F., Sri Rezeki, N., & Miranda, A. (2023). The Effect of STEAM Learning and Scientific Attitude on Students’ Creative Thinking Skills. Proceedings of Malikussaleh International Conference on Multidisciplinary Studies (MICoMS), 3(3), 00040. https://doi.org/10.29103/micoms.v3i.204
Santoso, M. D., Hapsari, M., Syarofani, M. ’, Anggraini, R. M., Fiyya, M., Muka, H., Maharani, A. P., Islam, U., Sunan, N., & Surabaya, A. (2023). Adaptation of Independent Learning Curriculum in The Implementation of Learning in Class Iva Al Falah Assalam Elementary School. El Midad : Jurnal Jurusan PGMI, 15(1), 110–124.
Sitepu, E. B., & Yakob, M. (2019). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Materi Hukum Newton di Kelas X IPA SMA Negeri 1 Berastagi. GRAVITASI: Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains, 2(2), 23–29.
Refmianti. W. (2023). Validasi Pengembangan Modul Ajar Pola-pola Hereditas Berbasis Problem Based Learning. Journal on Teacher Education, 4(4), 19-28.
Taufiq, M. (2012). Remediasi miskonsepsi mahasiswa calon guru fisika pada konsep gaya melalui penerapan model siklus belajar (Learning Cycle) 5E. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2), 198–203. https://doi.org/10.15294/jpii.v1i2.2139
Wahyudi, I., & Maharta, N. (2013). Pemahaman Konsep Dan Miskonsepsi Fisika Pada Guru Fisika Sma Rsbi Di Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(1), 18–32. https://doi.org/10.23960/jpmipa/v14i1.pp18-32
Winingsih, P. H., Kuswanto, H., Saputro, H., Purwanto, J., Erlangga, S. Y., Purnama, A. Y., Sebastian, R., & Silvia, S. (2023). Analysis of understanding of physics concepts through problem solving units review in free fall motion materials. Revista Mexicana de Fisica E, 20(2), 1–6. https://doi.org/10.31349/RevMexFisE.20.020205
Wiyono. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Fisika Berbasis Ict Pada Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(2). https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/download/2613/1362
Zafitri, R. E., Fitriyanto, S., & Yahya, F. (2018). Pengembangan Tes Diagnostik untuk Miskonsepsi pada Materi Usaha dan Energi Berbasis Adobe Flash Kelas XI di MA NW Samawa Sumbawa Besar Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Kependidikan, 2(2), 19–34.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika agree to the following terms:
- For all articles published in Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.