Pengembangan LKPD Berbasis Project Based Learning Berbantuan Assemblr Edu pada Mata Kuliah Rangkaian Elektronika
DOI:
https://doi.org/10.33394/j-lkf.v13i1.16071Keywords:
Lembar kerja peserta didik, Project based learning, Assemblr edu, Rangkaian elektronikaAbstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis model Project Based Learning (PjBL) dengan dukungan aplikasi Assemblr Edu pada mata kuliah Rangkaian Elektronika. Penelitian ini didasarkan pada kesulitan mahasiswa dalam memahami konsep abstrak elektronika dan keterbatasan bahan ajar yang tersedia. Penelitian menggunakan metode pengembangan ADDIE hingga tahap development. Subjek uji coba mahasiswa Pendidikan Fisika angkatan 2022. Data dikumpulkan melalui validasi ahli dan angket persepsi mahasiswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD tergolong sangat layak, dengan nilai rata-rata dari ahli media dan materi sebesar 95%. Mahasiswa juga memberikan tanggapan sangat baik dengan nilai aspek tampilan 94%, kemenarikan 89%, dan isi 91%. Temuan ini menunjukkan bahwa LKPD PjBL dengan visualisasi 3D melalui Assemblr Edu efektif digunakan sebagai alat bantu belajar dalam perkuliahan rangkaian elektronika.
References
Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299.
Anshar, C. N., Genefri, & Kusumaningrum. (2021). Pengembangan Jobsheet Berbasis Produk Pada Mata Kuliah Praktek Rangkaian Elektronika Program Studi Teknik Elektro Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Ekasakti Engineering Journal (E-EJ), 1(1), 22–32.
Ariana, R. M., Rasmawan, R., Sartika, R. P., Hairida., & Erlina. (2022). Pengemabangan LKPD Berbasis Project Based Learning Pada Materi Pencemaran Air di SMP Pontianak. Jurnal Education and development, 10(2), 259-268.
Azhari, A., & Huda, Y. (2022). Pengembangan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik ( E-LKPD ) pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di Kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Batang Natal. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2646–2657.
Chairudin, M., Nurhanifa, Yustianingsih, T., Aidah, Z., Atoillah, & Hadi, M. S. (2023). Sebagai Media Pembelajaran Matematika Jenjang SMP / MTS. Communnity Development Journal, 4(2), 1312–1318.
Farhan, M. (2022). Presentasi Pengenalan Komponen Elektronika. Portal Data, 2(4), 1–8.
Olimvia, L., & Laili, A. M. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis PJBL Muatan Pembelajaran IPAS Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Nusantara (IPNU), 1(3), 81-88.
Ramadhani, M., Aprillia, B. S., & Hadiyoso, S. (2024). Integrasi Circuit Simulator pada LMS untuk Meningkatkan Hasil PBL : Studi Kasus Mata Kuliah Elektronika. Jurnal Ilmiah Global Education, 5(1), 614–621.
Rozy, A. F., & Anggana, Y. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Elektronika Berbasis 3d Pageflip Pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika Di Smk Negeri 1 Kediri. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(2), 1–7.
Sucilestari, R., & Arizona, K. (2018). Pengaruh Project Based Learning Pada Matakuliah Elektronika Dasar Terhadap Kecakapan Hidup Mahasiswa Prodi Tadris Fisika Uin Mataram. KONSTAN: Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 3(1), 26–35.
Supriatna, A. R., Siregar, R., & Nurrahma, H. D. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Muatan Pelajaran Matematika pada Website Liveworksheets di Sekolah Dasar. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4025-4035.
Wahyudi. (2015). Analisis Hasil Belajar Mahasiswa Pada Pokok Bahasan Hukum Ohm Dan Kirchoff Dalam Matakuliah Elektronika Dasar I. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, I(2), 129–135.
Wahyuni, E., Maulida, Hamama, S. F., Samsuar, & Zamzami. (2024). Penerapan Media Assemblr Edu Berbasis Augmented Reality (Ar) Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pembelahan Sel. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 8(2), 1097–1106.
Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220-1230.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika agree to the following terms:
- For all articles published in Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.