The Effect of the Giving Question Getting Answers Model through Experimental Methods on Physics Motivation and Learning Outcomes
DOI:
https://doi.org/10.33394/j-lkf.v7i2.2199Keywords:
Giving Question Getting Answers model, experimental methods, motivation, physics learning resultAbstract
References
Ardhuha, J., Wahyudi, & Kosim. (2013). Pengembangan panduan praktikum fundamental of physics II sebagai bahan ajar untuk mendukung pelaksanaan praktikum pada program khusus PGMIPABI di FKIP Unram. Jurnal Kependidikan, 12(1), 37-41.
Arikunto, S. (2012). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta : Rineka Cipta.
Astuti, R., Widha, S., & Suciati, S. (2012). Pembelajaran IPA dengan pendekatan keterampilan proses sains menggunakan metode eksperimen bebas termodifikasi dan eksperimen terbimbing ditinjau dari sikap ilmiah dan motivasi belajar siswa. Jurnal Inkuiri, 1(1), 51-59.
Chasanah, A., Slamet, S., & Arianto, J. (2012). Pengaruh model pembelajaran aktif tipe giving question and getting answers terhadap hasil belajar. Jurnal Pendidikan Biologi 4(3), 29-38.
Chebii, R., Wachanga, S., & Kiboss, J. (2012). Effects of science process skills mastery learning approach on students’ acquisition of selected chemistry practical skills in school. Creative Education. 3(1), 1291-1296.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Erdina, E. (2017). Penerapan pembelajaran GQGA untuk meningkatkan hasil belajar fisika. Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora. 3(4), 663-680.
Hamdu, H & Agustina, A. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 90-96.
Handika, J. (2010). Pembelajaran fisika melalui inkuiri terbimbing dengan metode eksperimen dan demonstrasi ditinjau dari aktivitas dan perhatian mahasiswa. JP2F. 1(1), 9-23.
Hikmawati. (2015). Pembelajaran fisika dengan model siklus belajar 5 –E (Engage, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate) Sebagai upaya meningkatkan kecakapan hidup siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 27.
Irianto, A. (2014). Statistik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Liliawati, W. (2011). Pembekalan keterampilan berpikir kreatif siswa sma melalui pembelajaran fisika berbasis masalah. Jurnal Pengajaran MIPA, 16(2), 93-98.
Mappase, M. (2009). Pengaruh craa dan motivasi belajar terhadap hasil belajar programmable logic controller (PLC) siswa kelas III jurusan Listrik SMK Negeri 5 makasar. Jurnal MEDTEK, 1(2), 1-6.
Mayangsari, D., Nuriman., & Agustiningsih. (2014). Penerapan metode eksperiment untuk meningkatkan ativitas dan hasil belajar IPA siswa Kelas VI pokok bahasan konduktor dan Isolator SDN Semboro Probolinggo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Edukasi UNEJ, 1(1), 27-31.
Pasa, A I L. (2016). Penerapan metode eksperimen terhadap motivasi dan hasil belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 3(2), 173-186.
Pelawi, H S & Karya, S. (2016). Pengaruh model problem ased learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di kelas SMA Swasta Sinar Husni. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 32-41.
Salam, H., Setiawan, A., & Hamidah, I. (2010). Pembelajaran berbasis virtual laboratory untuk meningkatkan penguasaan konsep pada materi listrik dinamis. Bandung: UPI.
Sardiman, S. (2007). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Semarang: Unnes Press.
Setyosari, P. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susanti, D F., Yenny, A., & Suratmi, S. (2017). Penerapan model pembelajaran giving question getting answers terhadap motivas belajar peserta didik pada materi sistem koordinasi di SMA Negeri 10 Palembang. Seminar Nasional Pendidikan IPA, 1(1), 469-479.
Utami, U. (2014). Efektivitas pemanfaatan media pembelajaran animasi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika siswa Madrasah Aliyah Negeri Wonosobo. Prosiding Pertemuan Ilmiah XXVIII HFI Jateng & DIY, 1(1), 334-337.
Wardani, A D., & Supahar, S. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajara Giving Questin Getting Answers Menggunakan Media Audivisual terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMAN 2 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(6), 524-530.
Widiyanto, J. (2011). Penggunaan media berbasis komputer untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa. Jurnal Pendidikan MIPA, 3(1), 42-46.
Widodo, S., Susanto, H., & Yulianto, A. (2013). Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbasis eksperimen inkuiri terhadap motivasi belajar siswa. Unnes Physics Education Journal, 2(2), 13-18.
Yatim, R. (2009). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.
Yunus, M., & Kurniati, I. (2013). Pengaruh model pembelajaran aktif tipe giving question and getting answers terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Bajeng. Jurnal Chemica, 14(1), 20-26.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika agree to the following terms:
- For all articles published in Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.