PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS FENOMENA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMAN 1 KOPANG

Authors

  • Rahmiatul Akhir Pemerhati Pendidikan Fisika, Indonesia
  • Syifa’ul Gummah Dosen Program Studi Pendidikan Fisika, FPMIPA IKIP Mataram, Indonesia
  • Habibi Habibi Dosen Program Studi Pendidikan Fisika, FPMIPA IKIP Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/j-lkf.v3i1.377

Keywords:

Learning Based Phenomena Model, Conceptual Understanding.

Abstract

This research aimed to know there is or no effect of learning based phenomena model toward student’s conceptual understanding at SMAN 1 Kopang. The kind of this research was experimental research. Design of this research used Posttest Only Control Design with population was all of students at SMAN 1 Kopang. Sample of this research consist of two classes that is class X-1 asw control group and class X-2 as experimental group which used random sampling technique. Based on homogeneity and normality test showed that both of data was normal distribution. The data analysis used t-test. The result of t-test was 6,12 and t-table was 2,00, so Ha was accepted. The result of this research showed that there is effect of learning based phenomena model toward student’s conceptual understanding at SMAN 1 Kopang.

References

Ardiyanti , F., dkk. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Fenomena untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. ISSN (online): 2301-8550. UIN Sunan Kalijaga.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Aryani, N. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Dengan Menggunakan Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep IPA Fisika Kelas VIII SMP Muhammadiyah Mataramâ€. FPMIPA: IKIP Mataram.

Hamdani, D., dkk. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif dengan Menggunakan Alat Peraga terhadap Pemahaman Konsep Cahaya Kelas VIII Di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Exacta. Vol. X No. 1. ISSN: 1412-3617. Universitas Bengkulu.

Muslim. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Sekolah untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berargumentasi Calon Guru Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. ISSN: 1693-1246. Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pendidikan Indonesia.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suma, K. 2002. Efektivitas Kegiatan Laboratorium Konstruktivis dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep-konsep Arus Searah Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika. ISSN 0215 – 8250. Fakultas Pendidikan MIPA, IKIP Negeri Singaraja.

Suprijono, A. 2013. Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syamsinar. 2013. Pemahaman Konsep Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Palu Pada Materi Pembiasaan Cahaya. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako. ISSN: 9 772338324004, Vol.1 No.1: FKIP Universitas Tadulako.

Tomayahu., dkk. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Fenomena dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Hasil Belajar Materi Alat-alat Optik. FPMIPA Universitas Negeri Gorontalo.

Downloads

Published

2015-06-25

How to Cite

Akhir, R., Gummah, S., & Habibi, H. (2015). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS FENOMENA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMAN 1 KOPANG. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 3(1), 248–252. https://doi.org/10.33394/j-lkf.v3i1.377

Issue

Section

Articles

Citation Check