PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA LABORATORIUM VIRTUAL FISIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA

Authors

  • Enti Yuyun Darti Pemerhati Pendidikan Fisika, Indonesia
  • Muhammad Fuaddunazmi Dosen Program Studi Pendidikan Fisika, FPMIPA IKIP Mataram, Indonesia
  • Dwi Sabda Budi Prasetya Dosen Program Studi Pendidikan Fisika, FPMIPA IKIP Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/j-lkf.v3i2.386

Keywords:

Virtual Laboratory, PhET and Problem-Solving

Abstract

Physics is one of the subjects taunght in SMPN 4 Praya Tengah. The  Instructional media which used is still relatively conventional with teaching materials such as text books. This study used a learning media of animation software in a virtual learning environment to enhance the problem solving ability of students. This study was a quasi-eksperimental study. The study also included into the study of population, because the entrie student population used in the study. The data analysis technigue which used was the t-test. The results obtained are tcaculate = 2,87 and ttable = 1,72. because   tcaculate its count greater than ttable it can be concluded that there  are impact of using the virtual media laboratory of physics to student’s problem-solving abilites.

 

References

Aqib, (2013). Model –model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif), Bandung : Yrama Widya.

Arikunto, (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Anggraini, Dewi Setya (2015). Peningkatan Pemecahan Masalah Dan Kreativitas

Belajar Matematika Melalui Pendekatan Scientific Dengan Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas Vii Semester Genap Smp Negeri 1 Pati Tahun 2014/2015. Artikel Publikasi Ilmiah Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Djamarah, Syaiful Bahri, (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Gunawan, (2015). Model Pembelajaran Sains Berbasis ICT. Mataram NTB : FKIP Universitas mataram.

Hamdani, (2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : pustaka setia.

Iskandar, Jono (2012). Pengaruh Penggunaan Media Laboratorium Virtual Pada Pelaksanaan Praktikum Fisika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Praya Tengah Tahun Pelajaran 20111/2012. Artikel.

Jaya, Hendra, (2003). Pengembangan Laboratorium Virtual Untuk Kegiatan Praktikum Dam Memfasilitasi Pendidikan Karakter Di SMK. Jurnal Universitas Negeri Makasar.

Sugiyono, (2014). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D).Bandung : ALFABETA.

Sugiyono,(2015). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D).Bandung : ALFABETA.

Trisnawati, (2013). Penerapan Metode Pemecahan Masalah Melalui Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VII Mts Batu Rak Tahun Pelajaran 2012/2013. Artikel.

Downloads

Published

2015-12-25

How to Cite

Darti, E. Y., Fuaddunazmi, M., & Prasetya, D. S. B. (2015). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA LABORATORIUM VIRTUAL FISIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 3(2), 300–303. https://doi.org/10.33394/j-lkf.v3i2.386

Issue

Section

Articles

Citation Check