Pengembangan Handout Matematika untuk Meningkatkan Minat Belajar

Authors

  • Ahmad Shulhany Politeknik Pelayaran Banten, Indonesia
  • Ahmad Munawir Politeknik Pelayaran Banten, Indonesia
  • Asnawi Asnawi Politeknik Pelayaran Banten, Indonesia
  • Rudi Harun Irwansyah Politeknik Pelayaran Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/mpm.v12i2.11705

Keywords:

handout matematika, mahasiswa pelayaran, penelitian dan pengembangan

Abstract

Mahasiswa pelayaran pada tahun pertama diwajibkan mengambil mata kuliah matematika dasar atau matematika terapan. Bahan ajar yang tersedia saat ini masih bersifat umum dan belum secara spesifik memperkenalkan konsep-konsep yang relevan dengan bidang pelayaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa handout yang memiliki ciri khas pelayaran guna meningkatkan minat belajar mahasiswa. Handout yang dikembangkan berisi materi matematika dan contoh-contoh yang berkaitan langsung dengan pelayaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE, yang meliputi tahapan analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa tingkat pertama. Validitas handout diuji melalui lembar validasi, sementara kepraktisan dan kemenarikannya diuji menggunakan angket respons pengguna. Efektivitasnya diuji melalui lembar soal pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan handout ini berhasil meningkatkan minat belajar mahasiswa. Hal ini ditunjukkan oleh hasil angket respons yang mengindikasikan peningkatan minat belajar di kalangan mahasiswa pelayaran.

Downloads

Additional Files

Published

2024-12-30

How to Cite

Shulhany, A., Munawir, A., Asnawi, A., & Irwansyah, R. H. (2024). Pengembangan Handout Matematika untuk Meningkatkan Minat Belajar. Media Pendidikan Matematika, 12(2), 104–113. https://doi.org/10.33394/mpm.v12i2.11705

Issue

Section

Articles

Citation Check