Pengembangan Handout Matematika untuk Meningkatkan Minat Belajar
DOI:
https://doi.org/10.33394/mpm.v12i2.11705Keywords:
handout matematika, mahasiswa pelayaran, penelitian dan pengembanganAbstract
Mahasiswa pelayaran pada tahun pertama diwajibkan mengambil mata kuliah matematika dasar atau matematika terapan. Bahan ajar yang tersedia saat ini masih bersifat umum dan belum secara spesifik memperkenalkan konsep-konsep yang relevan dengan bidang pelayaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa handout yang memiliki ciri khas pelayaran guna meningkatkan minat belajar mahasiswa. Handout yang dikembangkan berisi materi matematika dan contoh-contoh yang berkaitan langsung dengan pelayaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE, yang meliputi tahapan analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa tingkat pertama. Validitas handout diuji melalui lembar validasi, sementara kepraktisan dan kemenarikannya diuji menggunakan angket respons pengguna. Efektivitasnya diuji melalui lembar soal pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan handout ini berhasil meningkatkan minat belajar mahasiswa. Hal ini ditunjukkan oleh hasil angket respons yang mengindikasikan peningkatan minat belajar di kalangan mahasiswa pelayaran.
Downloads
Additional Files
Published
2024-12-30
How to Cite
Shulhany, A., Munawir, A., Asnawi, A., & Irwansyah, R. H. (2024). Pengembangan Handout Matematika untuk Meningkatkan Minat Belajar. Media Pendidikan Matematika, 12(2), 104–113. https://doi.org/10.33394/mpm.v12i2.11705
Issue
Section
Articles
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â