Systematic Literature Review: Bahan Tayang Interaktif Berorientasi Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Pemahaman Konsep Matematika

Authors

  • Nilza Humaira Salsabila Universitas Mataram, Indonesia
  • Arjudin Arjudin Universitas Mataram, Indonesia
  • Ulfa Lu'luilmaknun Universitas Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/mpm.v12i2.13954

Keywords:

bahan tayang interaktif, model flipped classroom, pemahaman konsep matematika, systematic literature review

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menggambarkan berbagai hasil penelitian terkait penggunaan bahan tayang interaktif dengan model flipped classroom untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika dalam sepuluh tahun terakhir. Dalam penelitian ini, metode yang diterapkan adalah Systematic Literature Review. Data dalam penelitian ini diperoleh dari analisis yang dilakukan terhadap 32 artikel terkait penggunaan bahan tayang interaktif dengan model flipped classroom untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika. Selama pengumpulan data, semua artikel penelitian terkait penggunaan bahan tayang interaktif dengan model flipped classroom dianalisis berdasarkan tahun diterbitkannya artikel, jenjang pendidikan, banyaknya sampel yang digunakan, dan lokasi dilakukannya penelitian. Artikel penelitian terkait topik tersebut paling banyak diterbitkan pada tahun 2022 yakni sebanyak 8 artikel. Penelitian terkait topik tersebut paling sering dilakukan pada tingkat SMA sederajat dan SMP sederajat dengan jumlah artikel penelitian untuk masing-masing jenjangnya sebanyak 10 artikel. Sebagian besar penelitian dengan topik tersebut menggunakan sampel dengan jumlah lebih dari atau sama dengan 30 sampel. Untuk lokasi penelitian terkait topik tersebut paling sering dilakukan di daerah Jawa dengan total artikel yang diterbitkan sebanyak 14 artikel.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Salsabila, N. H., Arjudin, A., & Lu’luilmaknun, U. (2024). Systematic Literature Review: Bahan Tayang Interaktif Berorientasi Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Media Pendidikan Matematika, 12(2), 80–94. https://doi.org/10.33394/mpm.v12i2.13954

Issue

Section

Articles

Citation Check