ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL BERDASARKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS (NEA)
DOI:
https://doi.org/10.33394/mpm.v7i1.1427Keywords:
AnalysisAbstract
Kemampuan menyelesaikan masalah kontekstual dapat memberikan manfaat bagi siswa yaitu siswa mengetahui apa kegunaan dari pokok bahasan yang telah dipelajari dan kemampuan dalam mengambil suatu keputusan. Kesulitan dalam menyelesaikan masalah kontekstual merupakan suatu masalah yang perlu ditangani pemecahannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual pada materi aritmetika sosial berdasarkan Newman’s Eror Analysis (NEA) yang terdiri dari 5 jenis kesalahan. Subjek penelitian ini adalah 30 siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kuala Indragiri yang terdiri dari 8 siswa kemampuan tinggi, 10 siswa berkemampuan sedang, dan 12 siswa berkemampuan rendah. Metode penelitian yang diterapkan yaitu deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan yaitu berupa tes soal. Dari hasil analisis diperoleh tidak terdapat siswa yang melakukan kesalahan membaca dikarenakan siswa telah mampu membaca simbol-simbol pada soal dengan benar. Siswa melakukan kesalahan pada memahami masalah sebesar 26.61%, transformasi masalah sebesar 28.51%, keterampilan proses sebesar 22.05%, dan kesalahan pada penarikan kesimpulan sebesar 22.43%. Faktor penyebab ialah siswa belum dapat memahami informasi yang terdapat dalam soal, lupa cara yang digunakan dalam menyelesaikan soal, kurang teliti dalam perhitungan dan tidak dapat menarik kesimpulan dari penyelesaian soal.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â