EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA RUMAH ADAT JOGLO TULUNGAGUNG

Authors

  • Arum Purba Sulistyani STKIP PGRI Tulungagung, Indonesia
  • Vina Windasari STKIP PGRI Tulungagung, Indonesia
  • Ima Wahyu Rodiyah STKIP PGRI Tulungagung, Indonesia
  • Novita Eka Muliawati STKIP PGRI Tulungagung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/mpm.v7i1.1537

Keywords:

eksplorasi, etnomatematika, rumah adat joglo tulungagung

Abstract

Budaya merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari manusia. Konsep matematika sering ditemui di luar pendidikan formal, melalui budaya terdapat ilmu matematika didalamnya. Matematika yang berhubungan dengan budaya ( etnomatematika) memberikan kontribusi terhadap pembelajaran matematika. Tujuan peneliti ini adalah mengeksplor kebudayaan Rumah Adat Joglo Tulungagung, mendeskripsikan konsep-konsep matematika yang ada serta pemanfaatan terhadap pembelajaran matematika. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Instrumen yang digunakan peneliti adalah human instrumen, peneliti terjun langsung di lapangan meliputi kegiatan observasi, wawancara, studi literatur, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, triangulasi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini berupa konsep matematika yang terdapat pada arsitektur bangunan Rumah Adat Joglo Tulungagung yang meliputi : bangun datar, bangun ruang, kesebangunan, kekongruenan, phytagoras, transformasi geometri (translasi, refleksi, dilatasi). Konsep matematika tersebut dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran matematika melalui budaya setempat.

Downloads

Published

2019-07-07

How to Cite

Sulistyani, A. P., Windasari, V., Rodiyah, I. W., & Muliawati, N. E. (2019). EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA RUMAH ADAT JOGLO TULUNGAGUNG. Media Pendidikan Matematika, 7(1), 22–28. https://doi.org/10.33394/mpm.v7i1.1537

Issue

Section

Articles

Citation Check