PROFIL PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII MTS. QUR’ANIYAH PADA MATERI PECAHAN MELALUI PEMBELAJARAN FRAMEWORK ELPSA
DOI:
https://doi.org/10.33394/mpm.v6i1.1795Keywords:
Pemahaman Konsep, Pecahan, ELPSAAbstract
Tujuan dari penelitian ini  adala,h untuk mengetahui pemahaman konsep materi pecahan pada siswa kelas VII MTs. Qur’aniyah. Penelitianini berlokasi di MTs. Qur’aniyah Batukuta Narmada Lombok Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan metode survey kepada 20 siswa denga rincian 8 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan kelas VII Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian inimerupakan studi pendahuluan untuk melihat profil pemahaman konsep siswa selanjutnya digunakan sebagai analisis didaktik. Instrumenyang digunakan dalam penelitian ini adalah tes essay sebanyak empat soal.  Persentase pencapaian pemahaman konsep siswa untuk  indikator pertama yaitu menyatakan ulang sebuah konsep adalah 76,875%  indikator  kedua   yaitu  Menyatakan  konsep   dalam  berbagai  bentuk  representasi matematika adalah  76,25%,  dan  indikator  ke  tiga  yaitu  mengklasifikasi objek  menurut  sifat tertentu sesuai dengan konsepnya adalah 77,5%. Sehingga mendapatkan persentase pencapaian rata-rata pemahaman konsep siswa adalah 76,875% dan berkategori Tinggi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â