PENGARUH PENERAPAN LEARNING CYCLE TERHADAP HASIL BELAJAR STATISTIKA PADA SISWA MTs. DARUL MUHAJIRIN
DOI:
https://doi.org/10.33394/mpm.v3i1.1819Keywords:
Learning cycle, Hasil Belajar, Statistika.Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan learning cycle terhadap hasil belajar statistika pada siswa MTs. Darul Muhajirin. Model pembelajaran learning cycle adalah model pembelajaran yang menyarankan agar proses pembelajaran dapat melibatkan siswa dalam kegiatan belajar yang aktif. Learning cycle dalam penelitian ini terdiri dari 7 tahapan atau 7e, yaitu elicit, engagement, exploration, explanation, elaboration, evaluation, dan extand. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan menggunakan desain Quasi eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling sehingga dalam penelitian ini yang dijadikan kelas eksperimen yaitu siswa kelas VII A yang berjumlah 22 orang dan siswa kelas VII B yang berjumlah 23 orang sebagai kelas kontrol. Adapun instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu berupa lembar tes dengan 15 soal pilihan ganda dan 4 soal uraian. Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model digunakan uji-t dengan rumus polled varian. Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis data diperoleh nilai thitung = 2,06 dan ttabel = 2,017 pada taraf signifikan 5% dengan dk = 45, maka thitung > ttabel. Karena thitung > ttabel maka hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran learning cycle berpengaruh terhadap hasil belajar statistika pada siswa MTs. Darul Muhajirin
Downloads
Published
2015-06-30
How to Cite
Ningsih, F. (2015). PENGARUH PENERAPAN LEARNING CYCLE TERHADAP HASIL BELAJAR STATISTIKA PADA SISWA MTs. DARUL MUHAJIRIN. Media Pendidikan Matematika, 3(1), 14–19. https://doi.org/10.33394/mpm.v3i1.1819
Issue
Section
Articles
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â