PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI SEGI EMPAT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 NARMADA
DOI:
https://doi.org/10.33394/mpm.v3i1.1820Keywords:
Model Pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI), Pendekatan Kontekstual, Aktivitas dan Hasil Belajar.Abstract
Berdasarkan hasil observasi awal yang telah dilaksanakan di SMPN 4 Narmada diperoleh permasalahan dalam pembelajaran matematika yaitu siswa kurang aktif dalam proses belajar mengajar sehingga mengakibatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa menjadi rendah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 4 Narmada pada materi pokok segiempat semester II Tahun Pelajaran 2014/2015 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan pendekatan Kontekstual. Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan, pertemuan 1 dan 2 untuk proses pembelajarannya dan pertemuan 3 untuk evaluasinya. Data kegiatan aktivitas siswa dan guru dikumpulkan melalui lembar observasi sedangkan data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes evaluasi hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan Pendekatan Kontekstual dapat meningkatkan aktivias dan hasil belajar siswa pada materi pokok segiempat hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 51,85%, analisis aktivitas belajar siswa kurang aktif pada pertemuan pertama dan pada pertemuan kedua cukup aktif, sedangkan aktivitas guru tergolong cukup baik pada pertemuan pertama dan pada pertemuan kedua tergolong baik. Pada siklus II hasil evaluasi sebesar 75%, analisis aktivitas belajar siswa tergolong cukup aktif pada pertemuan pertama dan pada pertemuan kedua tergolong aktif sedangkan aktivitas guru tergolong baik pada pertemuan pertama dan pada pertemuan kedua tergolong sangat baik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â