UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI POKOK SPLDV KELAS VIII SMPN 3 LINGSAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD
DOI:
https://doi.org/10.33394/mpm.v3i1.1822Keywords:
Kooperatif Tipe STAD, Aktivitas dan Pemahaman Konsep.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan upaya meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep siswa pada materi pokok SPLDV kelas VIII SMPN 3 Lingsar melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD . Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yang memuat tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMPN 3 Lingsar yang terdiri dari 27 siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif berupa data hasil observasi siswa dan pendekatan kuantitatif yang berupa data hasil tes evaluasi hasil belajar siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar yang diberikan setiap akhir siklus dan lembar observasi untuk memperoleh gambaran langsung tentang kegiatan belajar matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achivement Division. Hasil penelitian siklus I diperoleh skor rata-rata aktivitas belajar siswa 2,13 yang berada pada kategori aktif dan presentase ketuntasan klasikal 51,85% dengan rata-rata nilai 64,66, sedangkan pada siklus IIÂ skor rata-rata aktivitas belajar siswa 2,5 yang berada pada kategori sangat aktif dan presentase ketuntasan klasikal 92,30% dengan nilai rata-rata 84,42. Dengan melihat presentase hasil belajar siswa secara klasikal telah tercapai dan aktivitas belajar siswa sudah berada pada kategori sangat aktif. Dengan demikian, dapat diambil suatu kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achivement Division dapat meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep siswa kelas VIII-B SMPN 3 Lingsar .
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â