PENERAPAN STRATEGIPQ4RDENGAN PENILAIAN PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP TRIGONOMETRI SISWA SMA NEGERI 1 BATULAYAR
DOI:
https://doi.org/10.33394/mpm.v3i2.1826Keywords:
Strategi PQ4R dengan Penilaian Portofolio, Pemahaman Konsep, TrigonometriAbstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas XA SMA Negeri 1 Batulayar tahun pelajaran 2014/2015 pada materi pokok trigonometri. Strategi PQ4R digunakan untuk membantu siswa mengingat apa yang mereka baca dan penilaian portofolio digunakan sebagai dokumentasi hasil karya siswa selama proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XA SMA Negeri 1 Batulayar sebanyak 15 siswa. PTK ini dikatakan berhasil apabila terjadi peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa. Kemampuan pemahaman konsep siswa dikatakan tuntas apabila secara klasikal minimal 85% siswa mencapai nilai  75. Dari hasil evaluasi pada siklus I dan siklus II untuk nilai rata-rata kelas siswa yang merupakan kemampuan pemahaman konsep pada penelitian ini berturut-turut adalah 69,23 dengan presentasi ketuntasan 61,53% dan 80,23 dengan presentasi ketuntasan 92,30%. Indikator keberhasilan penelitian ini terpenuhi, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi PQ4R dengan penilaian portofolio pada materi pokok trigonometri dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas XA SMA Negeri 1 Batulayar tahun pelajaran 2014/2015.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â