UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PEMANFAATAN PORTOFOLIO SISWA KELAS V SDN KARUMBU KABUPATEN BIMA
DOI:
https://doi.org/10.33394/mpm.v3i2.1828Keywords:
Hasil Belajar, Portofolio Siswa.Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan judul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Pemanfaatan Portofolio Siswa†yang dilakukan di kelas V SDN Karumbu Kabupaten Bima dalam mata pelajaran matematika sebagai bidang minat peneliti.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pemanfaatan portofolio siswa sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika di Sekolah Dasar sesuai dengan rumusan masalah dalam penelitian ini. Selama ini pembelajaran yang terjadi belum mencerminkan proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Siswa lebih banyak diberikan pengetahuan dalam memahami konsep, padahal yang dibutuhkan sekarang ini adalah kemampuan siswa untuk berbuat sesuatu dengan menggunakan konsep dan prinsip keilmuan yang telah dikuasai.Seperti dinyatakan dalam pilar-pilar pembelajaran dari UNESCO, selain terjadi “Learning to know†(pembelajaran untuk tahu), juga harus terjadi “Learning to do†(pembelajaran untuk berbuat), dan bahkan dituntut sampai pada “Learning to be†(pembelajaran untuk membangun jati diri yang kokoh), dan “Learning to live together†(pembelajaran untuk hidup bersama secara harmonis). Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan angket siswa, lembar observasi, lembar wawancara dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan portofolio siswa dalam mata pelajaran matematika mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN karumbu dan lebih baik. Untuk menunjang keberhasilan pemanfaatan portofolio di masa mendatang dibutuhkan sarana yang memadai bagi tiap sekolah seperti lemari atau rak untuk menyimpan dokumentasi portofolio siswa sehingga memudahkan proses penilaian terhadap karya siswa.
Downloads
Published
2015-12-30
How to Cite
Nurahmah, N. (2015). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PEMANFAATAN PORTOFOLIO SISWA KELAS V SDN KARUMBU KABUPATEN BIMA. Media Pendidikan Matematika, 3(2), 71–75. https://doi.org/10.33394/mpm.v3i2.1828
Issue
Section
Articles
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â