PEMAHAMAN KONSEP SISWA BERBASIS PETA KONSEP BERDASARKAN TEORI BELAJAR BERMAKNA AUSUBEL (MEANINGFUL LEARNING)

Authors

  • Eliska Juliangkary Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP Mataram, Indonesia
  • Sri Yulianti Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/mpm.v3i2.1834

Keywords:

Pemehaman matematis, belajar bermakna, peta konsep

Abstract

Rendahnya pemahaman konsep belajar matematika siswa disebapkan karena lemahnya pengetahuan awal yang dimiliki siswa dan dalam proses pembelajarana  matematika, guru cendrung mendominasi dan kurang melibatkan siswa secara aktif, sehingga siswa hanya mengiat (memorizing)atau menghafal (rote learning)  materi yang disampaikan, kurang mnekankan pada pemahaman (understaning) dan cendrung melupakan materi yang telah lalu karna proses pembelajaran kurang bermakna. Salah satu upaya untuk mengatassi hal tersebut adalah dengan menerapkan teori belajar bermakna Ausubel (meaningful learning) berbasis peta konsep yaitu suatu proses pembelajaran dalam membantu siswa menanamkan pengetahuan baru dari suatu materi dengan menghubungkan konsep-konsep awal yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman matematis siswa berbasis peta konsep berdasarkan teori belajar bermakna Ausubel. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Instrumenyang digunakan dalam penelitian ini antara lain: peneliti, dokumentasi, hasis wawancara, dan hasil belajar siswa (tes). Hasil penelitian ini merupakan tujuan penelitian yang dilakukan untuk mengetahui pemahaman konsep siswa mengenai materi Segitiga dilakukan dengan memberikan tes evaluasi kepada siswa, yang sebelumnya telah memperoleh materi Segitiga ini melalui proses belajar mengajar menggunakan Teori belajar Ausubel (Meaningful Learning). Hasil penelitian akan diterbitkan sebagai artikel yang dapat digunakan sebagai acuan atau referensi untuk mengoptimalkan sumber daya manusia.

Downloads

Published

2015-12-30

How to Cite

Juliangkary, E., & Yulianti, S. (2015). PEMAHAMAN KONSEP SISWA BERBASIS PETA KONSEP BERDASARKAN TEORI BELAJAR BERMAKNA AUSUBEL (MEANINGFUL LEARNING). Media Pendidikan Matematika, 3(2), 109–113. https://doi.org/10.33394/mpm.v3i2.1834

Issue

Section

Articles

Citation Check