PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL SISWA

Authors

  • Asryana Asryana 1SDIT Persaudaraan, Labuan Bajo, Indonesia
  • Sanapiah Sanapiah Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP Mataram, Indonesia
  • Indira Puteri Kinasih Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/mpm.v5i2.1836

Keywords:

interactive learning media, GeoGebra, spatial ability

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan GeoGebra pada materi luas permukaan kubus dan balok untuk meningkatkan kemampuan spasial dan mengetahui kualitas media yang dikembangkan.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Media pembelajaran interaktif menggunakan GeoGebra untuk meningkatkan kemampuan spasial siswa SMP kelas VIII dikembangkan mengikuti model pengembangan ADDIE, yaitu: a) analysis: analisis kebutuhan yang mana menunjukan masih terbatasnya media pembelajaran, dan siswa belum dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran, analisis teknologi GeoGebra digunakan sebagai software utama, dan analisis kurikulum sesuai dengan KTSP; b) design: pengumpulan refrensi, perancangan isi materi sesuai dengan aspek spasial dan flowchart untuk mempermudah pembuatan media pembelajaran; c)  development: pembuatan media pembelajaran, dan merevisi produk tahap I berdasarkan masukan validator; d) implemtation: uji coba untuk memperoleh keefektifan penggunaan media; e) evaluation: menganalisis keefektifan media pembelajaran. Objek penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif menggunakan GeoGebra untuk meningkatkan kemampuan spasial siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar pengembangan media, lembar keefektifan media dan tes hasil belajar siswa. Hasil analisis pengembangang media pembelajaran yang dikembangkan adalah: a) kevalidan dengan kriteria sangat valid dan valid berdasarkan penilaian ahli media dan ahli materi dengan skor masing-masing 81,05 dan 74,57. b) keefektifan dengan kriteria efektif berdasarkan penilaian siswa dengan skor 80,83 dan tes hasil belajar dengan persentase 62,91%. Sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran telah memenuhi kualitas valid dan efektif, serta dapat layak digunakan pada proses pembelajaran di sekolah.

Downloads

Published

2017-12-30

How to Cite

Asryana, A., Sanapiah, S., & Kinasih, I. P. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL SISWA. Media Pendidikan Matematika, 5(2), 107–114. https://doi.org/10.33394/mpm.v5i2.1836

Issue

Section

Articles

Citation Check