ANALISIS KREATIVITAS SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH VISUAL SPASIAL DAN LOGIS MATEMATIS DITINJAU DARI GENDER
DOI:
https://doi.org/10.33394/mpm.v5i2.1837Keywords:
gender, kreativitas, pemecahan masalah, masalah visual spasial, masalah logis matematisAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan menganalisis kreativitas siswa dalam pemecahan masalah visual spasial dan logis matematis ditinjau dari gender. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama yang dipandu oleh tes pemecahan masalah matematika dan pedoman wawancara. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMAN 3 Makassar yang terdiri dari 2 orang siswa perempuan (SP) dan 2 orang siswa laki-laki (SL). Pengumpulan data dilakukan dengan  cara  analisis  tugas  dan  wawancara  yang  dianalisis  dengan teknik  analisis  isi kualitatif dengan pendekatan deduktif yang terdiri dari 4 tahap yaitu persiapan, pengorganisasian, pemaparan dan penaksiran data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kreativitas siswa dari segi produk dalam memecahkan masalah matematika (masalah visual spasial dan logis matematis), siswa SP umumnya lebih baik dibandingkan dengan siswa SL dalam menyelesaikan masalah yang sama, 2) kreativitas pemecahan masalah visual spasial SP dan SL dari segi proses melalui tahap merumuskan, merencanakan, dan memproduksi dimana  SP  menggunakan  kemampuan  visual  terlebih  dahulu  kemudian  menggunakan penalaran logis dalam menyelesaikan masalah sedangkan, SL menggunakan penalaran logis terlebih dahulu kemudian menggunakan kemampuan visual yang dimiliki, 3) kreativitas pemecahan masalah logis matematis siswa SP dan SL hampir sama pada tiap tahapan namun, uraian jawaban yang diberikan SP lebih rinci/terurai dan pada tahap memproduksi, SP membuat dan menuliskan kesimpulan dalam menemukan pola jawaban sedangkan SL tidak
Downloads
Published
2017-12-30
How to Cite
Novitasari, D. (2017). ANALISIS KREATIVITAS SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH VISUAL SPASIAL DAN LOGIS MATEMATIS DITINJAU DARI GENDER. Media Pendidikan Matematika, 5(2), 75–83. https://doi.org/10.33394/mpm.v5i2.1837
Issue
Section
Articles
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â