PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI POKOK FUNGSI KOMPOSISI PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 TANJUNG
DOI:
https://doi.org/10.33394/mpm.v2i1.1843Keywords:
Problem Based Learning, aktivitas dan prestasi belajar.Abstract
Rendahnya prestasi belajar siswa disebabkan karena masih diterapkannya metode pembelajaran yang berpusat pada guru, sehingga mengakibatkan siswa hanya mendegarkan dan menerima apa yang diberikan oleh guru, siswa hanya duduk diam mendegarkan  ceramah guru dengan  penuh perhatian,  jarang  bertanya,  jarang mengemukakan masalah dan masih banyak siswa yang tidak mengkaji dan menganalisa kebenarannya. Siswa cenderung berpikiran bahwa apa yang dikatakan guru pasti benar dan tidak ikut aktif menetapkan apa yang akan diterimanya. Untuk mengatasi persoalan tersebut, maka diterapkanlah metode Problem Based Learning (PBL), PBL merupakan salah satu bentuk peralihan dari paradigma pengajaran menuju paradigma pembelajaran, yang memfokuskan pada pembelajaran siswa dan bukan pada pengajaran guru. Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui penerapan Problem Based Learning dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Materi Pokok Fungsi Komposisi            Siswa  Kelas  XI SMAN  1  Tanjung  Tahun  Pelajaran  2013/2014.  Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam  2 siklus. Berdasarkan hasil evaluasi Pada siklus I persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siswa sebesar 72,41 % dan aktivitas siswa sebesar 17,6 dengan katagori cukup aktif sedangkan aktivitas  guru sebesar 2,71 dengan  kategori cukup  aktif. Pada siklus  II persentase ketuntasan klasikal m e n c a p a i  86,66% dan aktivitas siswa mencapai 3,8 dengan kategori sangat aktif sedangkan aktivitas guru mencapai 3,71 dengan kategori aktif. Berdasarkan uraian diatas hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan baik dari aktivitas belajar siswa, aktivitas guru maupun hasil belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan penerapan Problem Based Learning dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Materi Pokok Fungsi Komposisi Siswa Kelas XI SMAN 1 Tanjung .
Downloads
Published
2014-06-29
How to Cite
Arifin, J. (2014). PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI POKOK FUNGSI KOMPOSISI PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 TANJUNG. Media Pendidikan Matematika, 2(1), 14–20. https://doi.org/10.33394/mpm.v2i1.1843
Issue
Section
Articles
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â