PROFIL BERPIKIR KRITIS SISWA SMP DALAM PEMECAHAN MASALAH GEOMETRI DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Authors

  • Nanang Diana Pendidikan Matematika STKIP Taman Siswa Bima, Indonesia
  • Mariamah Mariamah Pendidikan Matematika STKIP Taman Siswa Bima, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/mpm.v2i2.1858

Keywords:

Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah, Gaya Belajar.

Abstract

Pembelajaran matematika pada geometri seharusnya memperhatikan gaya belajar siswa, sehinga akan memudahkan guru dalam membantu siswa yang memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah sehingga dapat mengembangkan berpikir ktitis siswa. Perbedaan dalam pemecahan masalah kemungkinan besar dipengaruhi oleh gaya belajar siswa. Dalam menyampaikan materi kepada siswanya, guru diharapkan mampu mengakomodasi perbedaan gayabelajar yang dimiliki setiap siswa agar tercapai hasil pembelajaran yang maksimal. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dan bersifat eksploratif.Subjek diambil dari siswa SMP yang masing-masing memiliki gaya belajar visual, auditori dan kinestetik. Selanjutnya untuk menguji kredibilitas data, dilakukan triangulasi waktu. Subjek visual, dalam memecahkan masalah: Tahap memahami masalah fokusnya membangun makna tentang masalah yang dihadapi. Subjek auditori, pada tahap memahami masalah fokusnya membangun makna tentang masalah yang dihadapi. Subjek kinestetik, tahap memahami masalah fokusnya mampu membangun makna tentang masalah yang dihadapi.

Downloads

Published

2014-12-29

How to Cite

Diana, N., & Mariamah, M. (2014). PROFIL BERPIKIR KRITIS SISWA SMP DALAM PEMECAHAN MASALAH GEOMETRI DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Media Pendidikan Matematika, 2(2), 151–161. https://doi.org/10.33394/mpm.v2i2.1858

Issue

Section

Articles

Citation Check