KOMPARASI PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA BERDASARKAN GENDER

Authors

  • Heru Tri Novi Rizki Pemerhati Pendidikan Matematika, Indonesia
  • Yunita Septriana Anwar pendidikan Matematika Muhammadiyah Mataram, Indonesia
  • Saefudin Suhaedi pendidikan Matematika Muhammadiyah Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/mpm.v2i2.1860

Keywords:

Komparasi, Gender, Prestasi Belajar.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian komparasi yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika berdasarkan gender di SMP Negeri 8 Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode Ex Post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 8 Mataram dengan sampel 100 siswa. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan rumus Slovin dengan teknik Stratified Random Sampling dan Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dokumentasi dan wawancara sedangkan teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji korelasi , uji hipotesis dan koreksi Yates dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan analisis data dan interpretasi hasil penelitian dari observasi, penyebaran angket dan hasil wawancara dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan prestasi belajar matematika berdasarkan gender di SMP Negeri 8 Mataram. Hal ini didasarkan pada pengujian hipotesis yang menyatakan bahwa dari uji ð‘¡ diperoleh ð‘¡hitung = −1,06 dan ð‘¡ð‘¡abel = 1,668 sehingga ð‘¡hitung < ð‘¡tabel dan dengan koreksi Yates diperoleh ðœ’2 hitung = 0,029 dan ðœ’2 tabel = 3,341 sehingga ðœ’2 hitung < ðœ’2 tabel. Dengan demikian dapat diartikan bahwa ð»0 diterima dan ð»ð‘Ž ditolak.

Downloads

Published

2014-12-29

How to Cite

Rizki, H. T. N., Anwar, Y. S., & Suhaedi, S. (2014). KOMPARASI PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA BERDASARKAN GENDER. Media Pendidikan Matematika, 2(2), 168–174. https://doi.org/10.33394/mpm.v2i2.1860

Issue

Section

Articles

Citation Check