KOMPARASI PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA BERDASARKAN GENDER
DOI:
https://doi.org/10.33394/mpm.v2i2.1860Keywords:
Komparasi, Gender, Prestasi Belajar.Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian komparasi yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika berdasarkan gender di SMP Negeri 8 Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode Ex Post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 8 Mataram dengan sampel 100 siswa. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan rumus Slovin dengan teknik Stratified Random Sampling dan Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dokumentasi dan wawancara sedangkan teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji korelasi , uji hipotesis dan koreksi Yates dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan analisis data dan interpretasi hasil penelitian dari observasi, penyebaran angket dan hasil wawancara dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan prestasi belajar matematika berdasarkan gender di SMP Negeri 8 Mataram. Hal ini didasarkan pada pengujian hipotesis yang menyatakan bahwa dari uji ð‘¡ diperoleh ð‘¡hitung = −1,06 dan ð‘¡ð‘¡abel = 1,668 sehingga ð‘¡hitung < ð‘¡tabel dan dengan koreksi Yates diperoleh ðœ’2 hitung = 0,029 dan ðœ’2 tabel = 3,341 sehingga ðœ’2 hitung < ðœ’2 tabel. Dengan demikian dapat diartikan bahwa ð»0 diterima dan ð»ð‘Ž ditolak.
Downloads
Published
2014-12-29
How to Cite
Rizki, H. T. N., Anwar, Y. S., & Suhaedi, S. (2014). KOMPARASI PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA BERDASARKAN GENDER. Media Pendidikan Matematika, 2(2), 168–174. https://doi.org/10.33394/mpm.v2i2.1860
Issue
Section
Articles
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â