PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TEHNIK “INDEKS CARD MATCH (ICM)†UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 1 PADA MATERI POKOK LIMIT FUNGSI DI SMAN 2 GERUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013
DOI:
https://doi.org/10.33394/mpm.v1i1.1862Keywords:
Model Pembelajaran Aktif Tehnik Indeks Card Match, Prestasi, Aktivitas belajar, Limit fungsiAbstract
System pembelajaran di SMA Negeri 2 Gerung masih berpusat pada guru dan kurang melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar mengajar, menyebabkan prestasi dan aktivitas belajar siswa menjadi rendah. Untuk mengatasi hal tersebu, maka dicoba dilakukan suatu penelitian dengan penerapkan model pemebelajaran aktif tehnik Indeks Card Match (ICM). Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi
dan aktivitas belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Gerung tahun pelajaran 2012/2013 pada materi pokok limit fungsi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus dilakukan dua kali pertemuan dan pada tiap pertemuan peneliti melakukan prosedur PTK dimulai dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan prestasi dan aktivitas belajar siswa. Pada
siklus I nilai rata-rata prestasi belajar siswa sebesar 74,7 dan persentase ketuntasan klasikalnya 84,2% sedangkan skor aktivitas belajar siswa sebesar 15,7 dengan kategori tinggi. Pada siklus II nilai rata-rata prestasi belajar siswa
sebesar 75,4 dan persentase ketuntasan klasikalnya 94,7% sedangkan skor aktivitas siswa sebesar 16,6 berkategori sangat tinggi. Berdasarkan data hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa pengajaran dengan penerapan
model pembelajaran aktif tehnik Indeks Card Match dapat meningkatkan prestasi dan aktivitas belajar siswa kelas XI IPS 1 pada materi pokok limit fungsi di SMA Negeri 2 Gerung tahun pelajaran 2012/2013.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â