ENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA PUZZLE TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI POKOK KUBUS DAN BALOK SMPN 9 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2012/2013
DOI:
https://doi.org/10.33394/mpm.v1i1.1863Keywords:
Student Teams Achievement Divisions, Media Puzzle, Hasil Belajar, Aktivitas, Kubus dan Balok.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pebelajaran kooperatif tipe STAD dengan media puzzle terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok kubus dan balok SMPN 9 Mataram tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini melibatkan 64 siswa yang terdapat pada kelas VIII E dan VIII F yang diambil dengan teknik Cluster Random Sampling. Dimana kelas VIII F sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media puzzle, sedangkan kelas VIII E sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan menggunakan non model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media puzzle. Adapun instrumen yang digunakan untuk mengukur aktivitas siswa adalah lembar observasi sedangkan metode yang digunakan untuk mengumpulakan data, yakni metode wawancara, dan tes akhir. Metode tes yang digunakan adalah tes objektif yang
terdiri dari 20 butir soal. Analisis data menggunakan analisis t-test yang independent yaitu polled varians pada taraf signifikan 5%. Hasil posttes yang telah diberikan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar
matematika siswa, dan perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan dan kelas kontrol terlihat dari nilai rataratanya yaitu kelas eksperimen adalah 79,37 sedangkan kelas kontrol adalah 65,94. Sehingga disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media puzzle mempunyai pengaruh dalam meningkatkan hasil belajar matematika yang ditunjukkan dari hasil uji-t dengan thitung = 3,43 >1,670= t. Sedangkan dari hasil tabel observasi aktivitas belajar siswa menunjukkan kategori aktif. Jadi, dapat ditarik simpulan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media puzzle berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII pada
materi pokok kubus dan balok SMPN 9 Mataram tahun pelajaran 2012/2013.
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â