PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PLANTET QUESTION (PERTANYAAN REKAYASA) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII-A SMPN 1 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2012/2013
DOI:
https://doi.org/10.33394/mpm.v1i1.1864Keywords:
Aktivitas, Hasil Belajar, Metode Pembelajaran Plantet Question, Kubus Dan BalokAbstract
tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII-A di SMPN 1 Labuapi yang berjumlah 23 siswa. Pembelajaran dengan metode pembelajaran plantet question (pertanyaan rekayasa) dapat membantu guru untuk mempresentasikan informasi (materi
pembelajaran) dalam bentuk respon terhadap pertanyaan yang telah ditanamkan dan diberikan sebelumnya kepada siswa dengan beberapa isyarat tertentu. Selain itu, metode ini dapat membantu siswa yang tidak pernah
bertanya atau bahkan tidak pernah berbicara pada jam-jam pelajaran untuk meningkatkan kepercayaan diri dengan menjadi penanya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Data aktivitas siswa dan guru dikumpulkan menggunakan lembar observasi, sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes yang diberikan pada tiap akhir siklus. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa minimal berkategori aktif dan rata-rata skor hasil belajar siswa minimal 65 dan persentase ketuntasan belajar siswa minimal 85 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor aktivitas siswa pada siklus I adalah 1,83 dengan kategori cukup aktif, sedangkan pada siklus II dengan rata-rata 3,08 dengan kategori sangat aktif. Rata-rata skor hasil belajar siswa pada siklus I dan II adalah 70,25 dan 77,53 dengan persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I dan II yakni 73,19% dan 86,96%. Hal ini berarti bahwa penelitian tindakan kelas ini telah memenuhi indikator yang ingin dicapai. Hasil yang diperoleh tersebut menunjukkan bahwa metode pembelajaran plantet question (pertanyaan rekayasa) dapat menigkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII-A SMPN 1 Labuapi materi pokok kubus dan balok tahun pelajaran 2012/2013.
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â