PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SEMESTER II SMA MUHAMMADIYAH MASBAGIK PADA MATERI POKOK LIMIT FUNGSI TAHUN PELAJARAN 2012/2013
DOI:
https://doi.org/10.33394/mpm.v1i1.1866Keywords:
Aktivitas dan Hasil Belajar, Limit Fungsi, Missouri Mathematics Project (MMP).Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA semester II SMA Muhammadiyah Masbagik tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Tahapan siklus I antara lain: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi, sedangkan siklus II yaitu melakasanakan tahapan yang ada pada siklus I dengan memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada pada siklus I. Data aktivitas siswa dan guru dikumpulkan menggunakan lembar observasi, sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes yang diberikan pada tiap akhir siklus. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa minimal berkategori aktif dan ratarata skor hasil belajar siswa minimal 67 dan porsentase ketuntasan belajar siswa minimal 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor aktivitas siswa pada siklus I adalah 2,8 dengan kategori cukup aktif, sedangkan pada
siklus II adalah 3,28 dengan kategori aktif. Rata-rata skor hasil belajar siswa pada siklus I adalah 72,16 dengan porsentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I yakni 76% sedangkan rata-rata skor hasil belajar siswa pada siklus
II adalah 73,11 dengan porsentase ketuntasan belajar siswa 86,96%. Maka dapat disimpulakan bahwa Pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dapat meningkatkan aktivitas dan
hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA semester II SMA Muhammadiyah Masbagik tahun pelajaran 2012/2013.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â