PENERAPAN KOLABORASI METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK DAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK DARUN NAJAH DUMAN MATERI POKOK PROGRAM LINIER TAHUN PELAJARAN 2012/2013
DOI:
https://doi.org/10.33394/mpm.v1i1.1867Keywords:
Metode TSSFE, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.Abstract
Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di SMK Darun Najah telihat kurangnya motivasi siswa dalam belajar sehingga hasil belajar yang dicapai siswa kurang bagus. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran lebih didominasi oleh guru sehingga terlihat siswa lebih cenderung pasif dan kurang berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Untuk itu, diperlukan suatu strategi yang dapat memotivasi siswa untuk melakukan kegiatan pembelajaran secara aktif dan memungkinkan agar terjadi interaksi yang lebih terbuka baik dalam
mengajukan pertanyaan maupun pendapat. Oleh karena itu peneliti mengangkat penerapan kolaborasi metode Taking Stick dan Student Facilitator and Explaining (TSSFE). Berdasarkan hasil analisis penelitian yang diperoleh dari data keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I pertemuan I mencapai 63%, mengalami peningkatan pada siklus I pertemuan II mencapai 84% , dan mengalami peningkatan kembali pada siklus II pertemuan I mencapai 100%
begitu pula pada pertemuan ke II siklus II mencapai 100%. Motivasi belajar siswa siklus I ke siklus II terjadi peningkatan dari 68,30% pada siklus I dengan kategori tinggi dan meningkat menjadi 88,30% pada siklus II dengan
kategori sangat tinggi. Untuk hasil belajar, dimana pada siklus I mencapai 80% dan mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 100%. Oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi metode Talking Stick dan
Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas X B SMK Darun Najah Duman Tahun Pelajaran 2012/2013 pada meteri pokok program linier.
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â