PENERAPAN MEDIA WORK SHEET DENGAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 3 KOPANG PADA MATERI POKOK KUBUS DAN BALOK TAHUN PELAJARAN 2012/2013
DOI:
https://doi.org/10.33394/mpm.v1i1.1869Keywords:
Penerapan Media Work Sheet Dengan Model Pembelajaran Quantum, Aktivitas dan Hasil Belajar, Kubus dan Balok.Abstract
Kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru berakibat pada rendahnya hasil belajar matematika siswa. Salah satu penyebab dari masalah ini adalah kurang tepatnya pendekatan atau metode yang digunakan dalam proses belajar matematika sehingga siswa enggan untuk mengikuti aktivitas pembelajaran. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 3 Kopang pada materi pokok kubus dan balok tahun pelajaran 2012/2013 melalui penerapan media work sheet dengan model Quantum Teaching. Quantum teaching adalah suatu model pembelajaran yang mengorkestrasi berbagai macam interaksi yang terjadi di dalam dan di sekitar lingkungan belajar. Sedangkan media Worksheet adalah salah satu media pembelajaran dalam bentuk media cetak yang berisi uraian materi, lembar kegiatan dan latihan-latihan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus dilakukan dalam 3 (tiga) kali pertemuan, dimana pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua dilaksanakan kegiatan pembelajaran kemudian pada pertemuan ketiga dilaksanakan evaluasi. Data yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa data kualitatif yakni data hasil observasi aktivitas siswa dan guru, dan data kuantitatif yakni nilai hasil evaluasi belajar siswa. Dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VIIIB SMP Negeri 3 Kopang. Peningkatan aktivitas belajar terlihat pada hasil observasi siklus I dengan kategori aktif, kemudian pada siklus II meningkat menjadi sangat aktif. Ketuntasan belajar klasikal pada siklus I mencapai 81,48% dengan nilai rata-rata 77,21. Karena pada siklus I belum memenuhi ketuntasan belajar klasikal yang disyaratkan yaitu > 85% dari siswa yang mendapat nilai > 65, maka penelitian dilanjutkan ke siklus II. Hasil yang diperoleh pada siklus II, ketuntasan belajar klasikal mencapai 89,65% dengan nilai rata-rata 81,72 yang artinya ketuntasan belajar klasikal sudah tercapai dan prestasi belajar mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil yang diperoleh tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran dengan penerapan media worksheet dengan model pembelajaran Quantum merupakan salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pokok kubus dan balok.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â