PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING DENGAN TEKNIK PENGAJUAN PERTANYAAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X B MA ZAINUL MUSTHAFA NW PENGADANG MATERI POKOK TRIGONOMETRITAHUN PELAJARAN 2012/2013

Authors

  • erlan siswandi Pendidikan Matematika, FPMIPA IKIP Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/mpm.v1i1.1872

Keywords:

Model Pembelajaran Accelerated Learning dengan Teknik Pengajuan Pertanyaan, Aktivitas dan Prestasi, Trigonometri

Abstract

Tujuan peneltian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Accelerated Learning dengan teknik pengajuan pertanyaan untuk meningkatkan prestasi dan aktivitas belajar matematika siswa kelas X B MA Zainul Musthafa NW Pengadang materi pokok trigonometri tahun pelajaran 2012/2013. Jenis
penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yang memuat tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X semester genap MA Zainul Musthafa NW Pengadang yang terdiri dari 26 orang siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang berupa data hasil observasi siswa dan pendekatan kuantitatif yang berupa data hasil tes evaluasi belajar siswa. Data yang didapatkan, dianalisis dengan menggunakan analisis ketuntasan belajar. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya  peningkatan rata-rata skor hasil belajar siswa yaitu pada siklus I, sebesar
72,26 dengan persentase ketuntasan klasikal 76,92%. Pada siklus II, rata-rata hasil belajar siswa sebesar 75,95 dengan persentase ketuntasan klasikal 86,95%. Skor aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan pertama dan
kedua sebesar 9,67 dan 10,67 dengan kategori cukup aktif, dan pada siklus ke II aktivitas belajar siswa sebesar 11,34 dan 12,99 dengan kategori aktif. Nilai ini telah memenuhi kriteria sesuai dengan indikator penelitian yaitu adanya
peningkatan rata-rata skor hasil belajar siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Accelerated Learning dengan teknik pengajuan pertanyaan dapat meningkatkan prestasi dan aktivitas
belajar matematika siswa kelas X MA Zainul Musthafa NW Pengadang materi pokok trigonometri tahun pelajaran 2012/2013.

Downloads

How to Cite

siswandi, erlan. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING DENGAN TEKNIK PENGAJUAN PERTANYAAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X B MA ZAINUL MUSTHAFA NW PENGADANG MATERI POKOK TRIGONOMETRITAHUN PELAJARAN 2012/2013. Media Pendidikan Matematika, 1(1), 66–72. https://doi.org/10.33394/mpm.v1i1.1872

Issue

Section

Articles

Citation Check