PENERAPAN METODE EVERYONE IS TEACHER HERE DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN BELAJAR MATEMATIKA PADA KELAS VII SMPN 1 LABUHAN HAJI
DOI:
https://doi.org/10.33394/mpm.v1i2.1875Keywords:
Metode Everyone is teacher here dengan media gambar, hasil belajar matematika siswaAbstract
Rendahnya hasil belajar siswa SMPN 1 Labuhan Haji terutama pada materi pokok persegi dan persegi panjang. Hal ini disebabkan karena banyaknya kekurangan pada kegiatan belajar mengajar seperti aktivitas untuk pencapaian ketuntasan belajar masih kurang, motivasi belajar masih kurang, penggunaan metode belajar yang kurang tepat. Hal tersebut menyebabkan prestasi peserta didik rendah. Oleh karena itu agar proses pembelajaran berjalan dengan baik maka diperlukan suatu metode pembelajaran yang melibatkan siswa aktif dalam proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa akan meningkat. Motode pembelajaran yang diterapkan disini adalah metode everyone is teacher here dengan mengunakan media gambar. Sesuai dengan tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi pokok Persegi dan persegi panjang. Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan, pertemuan 1 dan 2 untuk proses pembelajarannya dan pertemuan 3 untuk evaluasinya. Data prestasi belajar siswa dikumpulkan melalui tes evaluasi diakhir siklus sedangkan data kegiatan aktivitas siswa dan guru dikumpulkan melalui lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode everyone is teacher here dengan mengunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok Persegi dan persegi panjang Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasa belajar siswa pada siklus I sebesar 51 %, analisis rata-rata aktivitas siswa 7 tergolong cukup baik ,aktivitas guru 39 tergolong cukup baik, sedangkan siklus II hasil evaluasi sebesar 87 %, analisis aktivitas siswa 12,8 tergolong sangat aktif, aktivitas guru 49 tergolong sangat baik
Downloads
How to Cite
WIRIYANTI, A. (2019). PENERAPAN METODE EVERYONE IS TEACHER HERE DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN BELAJAR MATEMATIKA PADA KELAS VII SMPN 1 LABUHAN HAJI. Media Pendidikan Matematika, 1(2), 87–93. https://doi.org/10.33394/mpm.v1i2.1875
Issue
Section
Articles
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â