PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CO-OP CO-OP (CO-OPERATION CO-OPERATIVE) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI POKOK TURUNAN FUNGSI KELAS XI IPS SMAN 1 MASBAGIK

Authors

  • HAMDANI HAMDANI Pemerhati Pendidikan Matematika, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/mpm.v1i2.1881

Keywords:

Model Pembelajaran Koperatif Tipe Co-op Co-op(Co-operation Co-operative) dan prestasi belajar matematika

Abstract

Matematika merupakan salah satu materi yang dianggap sulit dan membosankan oleh siswa, hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya yaitu siswa sebagian besar kesulitan dalam memahami konsep dan metode pembelajaran yang kurang tepat menjadi salah satu penyebab rendahnya prestasi belajar pada materi pelajaran matematika. Untuk mengatasi kesulitan siswa tersebut salah satu alternative pembelajarannya dengan menerapkan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Co-op Co-op (Co-operation Co-operative). Tujuan dari penelitian ini  untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Koperatif  Tipe Co-op Co-op (Co-operation Co-operative) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Materi Pokok Turunan Fungsi Pada Kelas XI IPS SMAN 1 Masbagik. Jenis penelitian ini eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPS SMAN 1Masbagik  dan sampel penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol yang diambil dengan simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pemberian tes. Analisis data prestasi belajar siswa dilakukan melalui statistik t-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Penerapan Model pembelajaran Koperatif Tipe Co-op Co-op (Co-operation Co-operative) pada pokok bahasan Turunan Fungsi berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung (9,13) > ttabel (2,00)

Downloads

How to Cite

HAMDANI, H. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CO-OP CO-OP (CO-OPERATION CO-OPERATIVE) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI POKOK TURUNAN FUNGSI KELAS XI IPS SMAN 1 MASBAGIK. Media Pendidikan Matematika, 1(2), 127–136. https://doi.org/10.33394/mpm.v1i2.1881

Issue

Section

Articles

Citation Check