PENERAPAN PEMBELAJARAN METODE DISKUSI MELALUI TEKNIK BUZZ GROUP PADA MATA KULIAH MATEMATIKA

Authors

  • SUBAIDAH SUBAIDAH STKIP Bina Insan Mandiri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/mpm.v1i2.1886

Keywords:

Pembelajaran metode diskusi, teknik Buzz Group, prestasi belajar, matematika sekolah II.

Abstract

Banyaknya anggapan bahwa matematika merupakan matapelajaran yang menakutkan, jika sampai saat ini pendidikan matematika belum dapat dikatakan meningkat mutunya secara signifikan jika dibandingkan dengan negara-negara lainnya.Berdasarkan latar belakang diatas dapat dirumuskan masalah apakah penerapan metode diskusi melalui Teknik Buzz Group pada mata kuliah Matematika Sekolah II dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pembelajaran Metode Diskusi melalui Teknik Buzz Group pada mata kuliah Matematika Sekolah II. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa STKIP Bina Insan Mandiri Surabaya semester ganjil pada tahun akademik 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi, pemberian test, dan penyebaran angket. Data-data yang dikumpulkan akan dianalisis dengan menggunakan ststistik inferensial dan secara deskriptif.  Dari hasilanalisisdidapatkanbahwa penerapan Metode Diskusi melalui Teknik Buzz Group pada mata kuliah Matematika Sekolah II dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa.

Downloads

How to Cite

SUBAIDAH, S. (2019). PENERAPAN PEMBELAJARAN METODE DISKUSI MELALUI TEKNIK BUZZ GROUP PADA MATA KULIAH MATEMATIKA. Media Pendidikan Matematika, 1(2), 168–175. https://doi.org/10.33394/mpm.v1i2.1886

Issue

Section

Articles

Citation Check