PENERAPAN PEMBELAJARAN METODE DISKUSI MELALUI TEKNIK BUZZ GROUP PADA MATA KULIAH MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.33394/mpm.v1i2.1886Keywords:
Pembelajaran metode diskusi, teknik Buzz Group, prestasi belajar, matematika sekolah II.Abstract
Banyaknya anggapan bahwa matematika merupakan matapelajaran yang menakutkan, jika sampai saat ini pendidikan matematika belum dapat dikatakan meningkat mutunya secara signifikan jika dibandingkan dengan negara-negara lainnya.Berdasarkan latar belakang diatas dapat dirumuskan masalah apakah penerapan metode diskusi melalui Teknik Buzz Group pada mata kuliah Matematika Sekolah II dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pembelajaran Metode Diskusi melalui Teknik Buzz Group pada mata kuliah Matematika Sekolah II. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa STKIP Bina Insan Mandiri Surabaya semester ganjil pada tahun akademik 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi, pemberian test, dan penyebaran angket. Data-data yang dikumpulkan akan dianalisis dengan menggunakan ststistik inferensial dan secara deskriptif. Â Dari hasilanalisisdidapatkanbahwa penerapan Metode Diskusi melalui Teknik Buzz Group pada mata kuliah Matematika Sekolah II dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa.
Downloads
How to Cite
SUBAIDAH, S. (2019). PENERAPAN PEMBELAJARAN METODE DISKUSI MELALUI TEKNIK BUZZ GROUP PADA MATA KULIAH MATEMATIKA. Media Pendidikan Matematika, 1(2), 168–175. https://doi.org/10.33394/mpm.v1i2.1886
Issue
Section
Articles
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â