PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE LEARNING TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.33394/mpm.v1i2.1891Keywords:
Penerapan metode Active Learning tipe Learning Tournament, motivasi dan prestasi belajarAbstract
Berdasarkan hasil observasi awal yang telah dilaksanakan di SMPN Satap 2 pemenang diperoleh permasalahan dalam pembelajaran matematika yaitu siswa kurang aktif dalam proses belajar mengajar sehingga mengakibatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa melalui penerapan metode Active Learning Tipe Learning Tournament pada siswa kelas VII SMPN Satap 2 Pemenang pada materi pokok segiempat semester II tahun pelajaran 2012/2013. Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian tindakan Kelas (PTK). Data dalam penelitian ini adalah data motivasi belajar siswa dan prestasi belajar matematika siswa. Data motivasi belajar siswa diperoleh dengan cara mengisi angket/koisoner, sedangakan data prestasi belajar siswa diperoleh dengan cara evaluasi. Dari hasil analisis motivasi belajar siswa menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yang positif terhadap proses belajar mengajar yaitu dari motivasi belajar siswa dari cukup tinggi menjadi sangat tinggi. Sedangkan hasil belajar siswa terjadi peningkatan yang cukup signifikan, hal ini terlihat dari hasil analisis skor rata-rata prestasi belajar pada siklus I yaitu 68,3 dengan ketuntasan klasikal 69,2%, selanjutnya pada siklus II skor rata-rata hasil belajar adalah 77,9 dengan ketuntasan klasikal 88,5%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode Active Learning tipe Learning Tournament dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMPN Satap 2 Pemenang pada materi pokok segiempat tahun pelajaran 2012/2013. Saran tindak lanjut, bahwa dalam mengajar hendaknya menggunakan model pembelajaran yang bervariasi seperti penerapan metode Active Learning tipe Learning Tournament. Kepada siswa untuk sering belajar kelompok ataupun berdiskusi dengan temannya mengenai materi yang belum dimengerti.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â