PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN TEKNIK HANDS ON MATHEMATICS
DOI:
https://doi.org/10.33394/mpm.v1i2.1892Keywords:
Contextual Teaching and Learning (CTL), Hands on Mathematics, Prestasi Belajar, Aktivitas, Kubus, BalokAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII–D SMP Negeri 20 Mataram pada mata pelajaran matematika Tahun Pelajaran 2010/2011 melalui penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan teknik Hands on Mathematics pada materi pokok kubus dan balok, dengan jumlah siswa 37 orang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari 5 tahap yaitu; perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan klasikal, dimana pada siklus I ketuntasan klasikal yang di peroleh sebesar 72,41%, pada siklus II ketuntasan klasikal yang di peroleh 83,33%, dan pada siklus III ketuntasan klasikal yang diperoleh adalah 86,67%. Sementara untuk skor aktivitas siswa pada siklus I yaitu 10,505 dengan kategori cukup aktif, pada siklus II meningkat menjadi 15,495 dengan kategori aktif, dan pada siklus III juga meningkat menjadi 17,34 dengan kategori aktif. Jadi dapat ditarik kesimpulan, dengan diterapkannya Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan teknik hands on mathematics pada materi kubus dan balok dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa Kelas VIII–D SMP Negeri 20 Mataram Tahun Pelajaran 2010/ 2011.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â