PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CO-OP CO-OP (CO-OPERATION CO-OPERATIVE) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI POKOK TURUNAN FUNGSI KELAS XI IPS SMAN 1 MASBAGIK
DOI:
https://doi.org/10.33394/mpm.v1i2.1895Keywords:
Model Pembelajaran Koperatif Tipe Co-op Co-op(Co-operation Co-operative) dan prestasi belajar matematikaAbstract
Matematika merupakan salah satu materi yang dianggap sulit dan membosankan oleh siswa, hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya yaitu siswa sebagian besar kesulitan dalam memahami konsep dan metode pembelajaran yang kurang tepat menjadi salah satu penyebab rendahnya prestasi belajar pada materi pelajaran matematika. Untuk mengatasi kesulitan siswa tersebut salah satu alternative pembelajarannya dengan menerapkan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Co-op Co-op (Co-operation Co-operative). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Koperatif Tipe Co-op Co-op (Co-operation Co-operative) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Materi Pokok Turunan Fungsi Pada Kelas XI IPS SMAN 1 Masbagik. Jenis penelitian ini eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPS SMAN 1Masbagik dan sampel penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol yang diambil dengan simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pemberian tes. Analisis data prestasi belajar siswa dilakukan melalui statistik t-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Penerapan Model pembelajaran Koperatif Tipe Co-op Co-op (Co-operation Co-operative) pada pokok bahasan Turunan Fungsi berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung (9,13) > ttabel (2,00)
Downloads
Published
2013-12-29
How to Cite
Hamdani, H. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CO-OP CO-OP (CO-OPERATION CO-OPERATIVE) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI POKOK TURUNAN FUNGSI KELAS XI IPS SMAN 1 MASBAGIK. Media Pendidikan Matematika, 1(2), 127–136. https://doi.org/10.33394/mpm.v1i2.1895
Issue
Section
Articles
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â