PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 1 PRINGGARATA PADA MATERI POKOK BANGUN RUANG SISI DATAR
DOI:
https://doi.org/10.33394/mpm.v1i2.1898Keywords:
Guided Note Taking, Aktivitas, Prestasi, Bangun Ruang Sisi Datar.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Guided Note Taking dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII.B SMPN 1 Pringgarata pada materi pokok bangun ruang sisi datar tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru di kelas atau di sekolah tempat peneliti mengajar dengan penekanan pada penyempuranaan atau peningkatan proses dan praksis pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah, pada siklus I skor rata-rata aktivitas siswa adalah 2,23 dengan kategori kurang aktif dan nilai rata-rata siswa adalah 72,58 dengan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 73,68%. Pada siklus II skor rata-rata aktivitas siswa adalah 3,06 dengan kategori aktif dan nilai rata-rata siswa adalah 73,46 dengan persentase kentuntasan belajar siswa sebesar 89,47%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Guided Note Taking dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII.B SMPN 1 Pringgarata pada materi pokok bangun ruang sisi datar tahun pelajaran 2012/2013
Downloads
Published
2013-12-29
How to Cite
Fathurrahman, F. (2013). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 1 PRINGGARATA PADA MATERI POKOK BANGUN RUANG SISI DATAR. Media Pendidikan Matematika, 1(2), 152–161. https://doi.org/10.33394/mpm.v1i2.1898
Issue
Section
Articles
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â