Identifikasi Kesalahan Mahasiswa Calon Guru Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Integral

Authors

  • Yuntawati Yuntawati Pendidikan Matematika, FSTT, UNDIKMA Mataram, Indonesia
  • Lalu Abdul Aziz PGSD, FKIP, UNU NTB, Indonesia
  • Sanapiah Sanapiah Pendidikan Matematika, FSTT, UNDIKMA, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/mpm.v8i1.2742

Keywords:

idebtifikasi kesalahan, integral

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan siswa berdasarkan kemampuan pemahaman matematisnya dalam menyelesaikan soal cerita pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel(SPLDV).  Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sasaran dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP/MTs sederajat sebanyak 10 orang. Pengumpulan data dilakukan berdasarkan lembar tes kemampuan pemahaman matematis dan wawancara tidak terstruktur. Subjek penelitian yaitu 3 orang siswa dengan hasil tes kemampuan pemahaman matematis terendah. Berdasarkan hasil tes dan wawancara dapat disimpulkan bahwa terdapat kesulitan pada siswa dalam menyelesaikan soal SPLDV dalam bentuk cerita berdasarkan pada kemampuan pemahaman matematisnya. Hal ini dapat kita lihat dari hasil skor rata-rata nya yaitu sebesar 57% yang termasuk ke dalam kategori kurang. Adapun kesulitan-kesulitan yang di alami siswa yaitu belum memahami apa yang ditanyakan dalam soal, kesulitan mengubah soal cerita ke dalam simbol matematika, siswa masih kurang mampu memisalkan istilah karena masih kesulitan dalam mengklasifikasikan objek yang diketahui dalam soal, kesulitan menerapkan konsep penyelesaian secara algoritma dengan metode yang tepat, dan kesulitan mengaitkan berbagai konsep dalam penyelesaian soal.

Published

2020-06-30

How to Cite

Yuntawati, Y., Aziz, L. A., & Sanapiah, S. (2020). Identifikasi Kesalahan Mahasiswa Calon Guru Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Integral. Media Pendidikan Matematika, 8(1). https://doi.org/10.33394/mpm.v8i1.2742

Issue

Section

Articles

Citation Check