PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP POLA BILANGAN PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK
DOI:
https://doi.org/10.33394/mpm.v8i2.3162Keywords:
pemahaman konsep, pola bilangan, pendekatan saintifik,Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik melalui pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada materi pola bilangan. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan secara kolaboratif antara Seorang Dosen Program Studi Pendidikan Matematika dan guru mata pelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan dalam 8 kali pertemuan (4 minggu) termasuk quis dan evaluasi. Subjek penelitian adalah peserta didik  kelas 8A SMPN 17 Mataram yang terdiri dari 10 peserta didik  laki-laki dan 22 peserta didik  perempuan. Pemilihan subjek ini dilakukan oleh guru mata pelajaran matematika berdasarkan prestasi belajar peserta didik  ketika di kelas 7 yang dikelompokkan dalam 4 kelas 8. Kelas 8A merupakan kelas yang memiliki nilai matematika lebih tinggi dibandingkan 3 kelas lainnya. Analisis data hasil belajar peserta didik dilakukan secara deskriftif berdasarkan nilai LKPD, quis, dan evaluasi serta hasil refleksi. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa aktivitas pembelajaran dengan pendekatan saintifik ini selain mampu meningkatkan pemahaman konsep juga mampu meningkatkan aktivitas belajar peserta didik. Tentunya harus di dukung oleh pemahaman guru dalam merancang aktivitas untuk setiap materi matematika yang disajikan dalam RPP dan terimplementasi dalam aktivitas di LKPD. Hasil penelitian ini dapat menjadi rekomendari bagi para guru untuk menyusun RPP menggunakan pendekatan saintifik dengan lebih memfokuskan aktivitas peserta didik pada bagian aktivitas pengamatan dan mengumpulkan informasi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â