PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP POLA BILANGAN PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK

Authors

  • Sanapiah Sanapiah Pendidikan Matematika, FSTT, UNDIKMA Mataram, Indonesia
  • Yuntawati yuntawati Pendidikan Matematika, FSTT, UNDIKMA Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/mpm.v8i2.3162

Keywords:

pemahaman konsep, pola bilangan, pendekatan saintifik,

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik melalui pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada materi pola bilangan. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan secara kolaboratif antara Seorang Dosen Program Studi Pendidikan Matematika dan guru mata pelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan dalam 8 kali pertemuan (4 minggu) termasuk quis dan evaluasi. Subjek penelitian adalah peserta didik  kelas 8A SMPN 17 Mataram yang terdiri dari 10 peserta didik  laki-laki dan 22 peserta didik  perempuan. Pemilihan subjek ini dilakukan oleh guru mata pelajaran matematika berdasarkan prestasi belajar peserta didik  ketika di kelas 7 yang dikelompokkan dalam 4 kelas 8. Kelas 8A merupakan kelas yang memiliki nilai matematika lebih tinggi dibandingkan 3 kelas lainnya. Analisis data hasil belajar peserta didik dilakukan secara deskriftif berdasarkan nilai LKPD, quis, dan evaluasi serta hasil refleksi. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa aktivitas pembelajaran dengan pendekatan saintifik ini selain mampu meningkatkan pemahaman konsep juga mampu meningkatkan aktivitas belajar peserta didik. Tentunya harus di dukung oleh pemahaman guru dalam merancang aktivitas untuk setiap materi matematika yang disajikan dalam RPP dan terimplementasi dalam aktivitas di LKPD. Hasil penelitian ini dapat menjadi rekomendari bagi para guru untuk menyusun RPP menggunakan pendekatan saintifik dengan lebih memfokuskan aktivitas peserta didik pada bagian aktivitas pengamatan dan mengumpulkan informasi.

Downloads

Published

2020-12-31

How to Cite

Sanapiah, S., & yuntawati, Y. (2020). PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP POLA BILANGAN PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK. Media Pendidikan Matematika, 8(2), 118–127. https://doi.org/10.33394/mpm.v8i2.3162

Issue

Section

Articles

Citation Check