PENGEMBANGAN MODUL TEORI GRAPH DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Authors

  • Eliska Juliangkary Pendidikan Matematika, Indonesia
  • Sri Yuliyanti Pendidikan Matematika, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/mpm.v4i2.336

Keywords:

Modul, Teori Graf, PBL

Abstract

Kemandirian siswa dapat diatasi dengan mengembangkan modul berdasarkan masalah sehingga materi mudah dipahami oleh siswa secara mandiri tanpa mengharapkan semua material ditransfer oleh dosen mata kuliah. Kuliah di perguruan tinggi menuntut bisnis mandiri para siswa sehingga itulah yang membedakan pola belajar siswa oleh siswa. Pengembangan modul ini menggunakan langkah-langkah dalam memecahkan masalah pendidikan (Plomp, 1997) sebagai kerangka acuan. Berdasarkan langkah-langkah tersebut Plomp, maka pengembangan modul dilakukan dalam empat tahap, yaitu; (1) penyidikan awal, (2) perancangan, (3) realisasi atau konstruksi, dan (4) pengujian, evaluasi, revisi. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan kemudian dianalisis. Hasil dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah modul teori graf dengan pembelajaran berbasis masalah, dan menghasilkan artikel ilmiah tentang modul teori graf dengan pembelajaran berbasis masalah.

Downloads

Published

2018-02-26

How to Cite

Juliangkary, E., & Yuliyanti, S. (2018). PENGEMBANGAN MODUL TEORI GRAPH DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. Media Pendidikan Matematika, 4(2), 50–53. https://doi.org/10.33394/mpm.v4i2.336

Issue

Section

Articles

Citation Check