Perspektif Siswa Terhadap E-Learning Berdasarkan Model Motivasi ARCS

Authors

  • Ita Chairun Nissa Universitas Pendidikan Mandalika, Indonesia http://orcid.org/0000-0002-9075-5946
  • Baiq Rika Ayu Febrilia Universitas Pendidikan Matematika, Indonesia
  • Fitri Astutik Universitas Pendidikan Mandalika, Indonesia
  • Muhamad Galang Iswawan Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Nahdlatul Wathan Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/mpm.v9i1.3831

Keywords:

Model Motivasi ARCS, E-Learning, Perspektif Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat motivasi siswa yang telah melaksanakan pembelajaran jarak jauh dengan E-Learning. Jenis penelitian adalah survey karena menggunakan kuesioner sebagai instrument pengumpul data yang utama. Pernyataan dalam kuesioner merujuk pada Model Motivasi ARCS oleh Keller pada empat elemen yaitu Attention, Relevance, Confidence, dan Satisfaction. Uji validitas oleh dua ahli menyatakan bahwa kuesioner adalah sangat valid dengan sedikit revisi. Responden adalah 42 siswa kelas XI SMA Islam Al-Azhar NW Kayangan Lombok Barat dimana guru mereka telah mendapatkan pelatihan menggunakan E-Learning khususnya platform Google Classroom pada tahun 2020 lalu. Data kuesioner dianalisa secara kuantitatif dan dinyatakan dalam bentuk distribusi frekuensi dan kriteria motivasi untuk setiap elemen ARCS. Penyajian data kuantitatif ini kemudian dilengkapi dengan deskripsi alasan siswa pada saat memilih suatu jawaban tertentu. Perspektif siswa terhadap E-Learning menurut Model Motivasi ARCS pada penelitian ini terbagi dalam dua jenis respon yaitu respon siswa terhadap pengalaman belajar menggunakan E-Learning dan respon siswa terhadap ketersediaan fitur/aplikasi/media dalam E-Learning. Berdasarkan rata-rata skor akhir pada setiap elemen ARCS dapat disimpulkan bahwa respon siswa terhadap pengalaman belajar menggunakan E-Learning pada elemen Attention, Relevance, Confidence, dan Satisfaction semuanya berada pada kriteria baik. Sedangkan respon siswa terhadap ketersediaan fitur/aplikasi/media dalam E-Learning pada elemen Attention, Relevance, dan Satisfaction berada pada kriteria tidak baik kecuali elemen Confidence yang berada pada kriteria baik.

Author Biographies

Ita Chairun Nissa, Universitas Pendidikan Mandalika

Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Sains, Teknik dan Terapan

Baiq Rika Ayu Febrilia, Universitas Pendidikan Matematika

Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Sains, Teknik dan Terapan

Fitri Astutik, Universitas Pendidikan Mandalika

Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, Fakultas Sains, Teknik dan Terapan

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Nissa, I. C., Febrilia, B. R. A., Astutik, F., & Iswawan, M. G. (2021). Perspektif Siswa Terhadap E-Learning Berdasarkan Model Motivasi ARCS. Media Pendidikan Matematika, 9(1), 19–33. https://doi.org/10.33394/mpm.v9i1.3831

Issue

Section

Articles

Citation Check