Analisis kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari self efficacy siswa dalam pembelajaran daring

Authors

  • Reni Astari Hidayat Universitas Lampung, Indonesia
  • Sri Hastuti Noer Universitas Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/mpm.v9i2.4224

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari self efficacy siswa dalam pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-1 SMPN 45 Bandar Lampung yang terdiri dari 25 orang siswa. Instrumen dalam penelitian ini yaitu lembar observasi terhadap pembelajaran daring, lembar angket self efficacy, dan tes uraian dari soal kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki self efficacy rendah memiliki kemampuan berpikir kritis matematis yang rendah dan sebaliknya siswa yang memiliki self efficacy tinggi memiliki kemampuan berpikir kritis yang cukup baik dalam pembelajaran daring.

Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Self Efficacy, Kemampuan Berpikir Kritis

Author Biographies

Reni Astari Hidayat, Universitas Lampung

Magister Pendidikan Matematika

Sri Hastuti Noer, Universitas Lampung

Magister Pendidikan Matematika

Downloads

Published

2021-12-20

How to Cite

Hidayat, R. A., & Noer, S. H. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari self efficacy siswa dalam pembelajaran daring. Media Pendidikan Matematika, 9(2), 1–15. https://doi.org/10.33394/mpm.v9i2.4224

Issue

Section

Articles

Citation Check