Pengaruh model AIR dan TTW terhadap kemampuan representasi siswa SMP di Kota Singkawang

Authors

  • Sari Sari STKIP Singkawang, Indonesia
  • Nurul Husna STKIP Singkawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/mpm.v9i2.4238

Keywords:

Auditory Intellectually Repetition (AIR), Think Talk Write (TTW), representation ability.

Abstract

Abstract: Model pembelajaran adalah kerangka kerja yang memberikan gambaran sistematis untuk melaksanakan pembelajaran agar membantu belajar siswa dalam tujuan tertentu yang ingin dicapai. Dua diantara model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu model pembelajaran Auditory IntellectuallyRepetition (AIR) dan model pembelajaran Think Talk Write (TTW).  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbandingan pengaruh antara model AIR dan TTW terhadap kemampuan representasi siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Singkawang.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desainquasi-eksperimental menggunakan rancangan non-equivalent posttest-only control group design. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 13 Singkawang, yaitu pada siswa kelas VIII C sebagai kelas ekperimen 1 (menggunakan Model AIR) yang berjumlah 21 siswa dan VIII D yang sebagai kelas ekperimen 2 (menggunakan Model TTW) yang berjumlah 25 siswa, yang dipilih dari 4 kelas dengan purposive sampling.Instrumen yang digunakan yaitu soal kemampuan representasi matematis dan lembar onservasi aktivitas belajar siswa. Analisis data menggunakan pengujian Effect-Sizedan hipotesis komparasi dua sampel independent. Hasil dari penelitian ini adalah (1) model pembelajaran pembelajaran AIR memberikan pengaruh yang lebih baik dari pada model TTW terhadap kemampuan representasi matematis dengan besar pengaruh 0,98 (kategori besar); (2) Aktivitas belajar selama menggunakan model pembelajaran AIR lebih baik dari pada model pembelajaran TTW.

Downloads

Published

2021-12-20

How to Cite

Sari, S., & Husna, N. (2021). Pengaruh model AIR dan TTW terhadap kemampuan representasi siswa SMP di Kota Singkawang. Media Pendidikan Matematika, 9(2), 16–27. https://doi.org/10.33394/mpm.v9i2.4238

Issue

Section

Articles

Citation Check