Kesalahan dan Miskonsepsi dalam Aljabar

Authors

  • Suning Rahayu Universitas Pendidikan Mandalika, Indonesia
  • Dwi Utami Setyawati Universitas Pendidikan Mandalika, Indonesia
  • Baiq Rika Ayu Febrilia
  • Bambang Apiv Priatna M Pendidikaan Matematika, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/mpm.v9i2.4267

Keywords:

kesalahan, miskonsepsi, aljabar

Abstract

Penyelidikan kesalahan dimaksudkan untuk mengidentifikasi miskonsepsi yang muncul karena salah satu sumber kesalahan adalah miskonsepsi. Dengan kata lain, miskonsepsi dapat dilacak melalui penyelidikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa ketika menyelesaikan permasalahan tertentu. Identifikasi miskonsepsi akan lebih bermakna apabila dipelajari lebih lanjut mengapa miskonsepsi ini bisa terjadi dan bagaimana guru harus membuat tindak lanjut dari permasalahan ini sehingga permasalahan serupa tidak akan terulang pada siswa-siswa yang lain. Melalui penyelidikan latar belakang terjadinya miskonsepsi ini guru diharapkan mampu membangun strategi pembelajaran yang dapat meminimalisir terjadinya kesalahpahaman siswa. Artikel ini menyajikan tentang kesalahan dan miskonsepsi yang kerap kali dilakukan oleh siswa dalam materi aljabar. Jenis-jenis kesalahan yang muncul ditinjau melalui studi temuan-temuan penelitian sebelumnya. Untuk mengetahui apakah kesalahan ini juga terjadi pada siswa di NTB, kami melakukan wawancara guru tentang kesalahan apa yang sering dilakukan siswa, penyebab terjadinya dan langkah apa yang dilakukan guru untuk mengantisipasinya. Setelah itu, dilakukan analisis untuk mengetahui miskonsepsi apa saja yang muncul melalui kesalahan tersebut.

Downloads

Published

2021-12-20

How to Cite

Rahayu, S., Setyawati, D. U., Febrilia, B. R. A., & Priatna M, B. A. (2021). Kesalahan dan Miskonsepsi dalam Aljabar. Media Pendidikan Matematika, 9(2), 38–42. https://doi.org/10.33394/mpm.v9i2.4267

Issue

Section

Articles

Citation Check